semua stabil dan bahkan cenderung turun, termasuk gula dan cabe merah
Sidoarjo (ANTARA) -
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turun langsung meninjau Pasar Krian Lama, Kabupaten Sidoarjo, Jumat untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok di Jawa Timur menjelang tahun baru.
 
"Peninjauan ini penting dilakukan untuk memastikan pasokan bahan pokok serta kesesuaian harga bahan pokok dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan. Mengingat masyarakat akan menghadapi akhir tahun 2023 dan menyambut awal tahun 2024," katanya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Khofifah mendapatkan temuan bahwa bahan pokok di Pasar Krian Lama cenderung lebih rendah dengan HET dan relatif stabil.
 
"Sembako yang paling mendasar adalah beras. Beras harganya stabil di sini. Telur dan daging ayam cenderung turun. Begitu juga dengan daging sapi, cenderung stabil ke arah turun," katanya.
 
Bahan pokok di Pasar Krian Lama yang berada di bawah HET antara lain daging sapi seharga Rp100 ribu per kilogram dengan HET Rp140 ribu. Kemudian daging ayam ras Rp32 ribu per kilogram dengan HET Rp36.750 per kilogram.
 
Telur ayam ras Rp25 ribu per kilogram dengan HET Rp27 ribu dan bawang merah seharga Rp33 ribu per kilogram dengan HET di kisaran Rp36.500 - 41.500. Sementara itu, beras medium dihargai Rp11 ribu per kilogram hanya berbeda Rp100 dengan HET Rp10.900.
 
"Insya Allah semua stabil dan bahkan cenderung turun, termasuk gula dan cabe merah. Yang mengalami sedikit kenaikan adalah minyak. Yang biasanya merek fortune Rp17 ribu per liter, sekarang jadi Rp17.800 per liter," katanya.

Khofifah meyakini, kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi saat momen perayaan akhir tahun dan awal tahun sebab, ketersediaan bahan di Jawa Timur sudah sangat cukup.
 
"Insya Allah menjelang tahun baru ini kebutuhan-kebutuhan masyarakat terkait dengan logistik rumah tangga semua tercukupi. Karena pasokan kita sangat aman , distribusi aman dan harga pasar stabil bahkan cenderung turun," katanya.
 
"Saya harap, semua bahagia. Kita mengakhiri tahun 2023 dan mengawali 2024 dengan happy. Jadi semua terkawal dengan aman, damai, harga sembako terjangkau masyarakat," kata Khofifah.
 
Sembari meninjau, mantan Menteri Sosial RI itu juga menyempatkan diri membeli mangga, daging, melon, manggis, buah naga, rambutan, pepaya, apel, dan kebutuhan logistik lain dari para pedagang.
 
Tak lupa, dirinya membagikan paket sembako kepada sekitar 300 penjual dan masyarakat sekitar. Dirinya bahkan juga membagikan paket serupa kepada lebih dari 30 tukang becak di Pasar Krian Lama.

Baca juga: Pemprov Sumut: Kebutuhan pangan cukup untuk periode natal-tahun baru
Baca juga: IKAPPI prediksi kenaikan harga pangan hingga 75 persen jelang Natal
Baca juga: Pemkab Pasaman Barat sebut ketersediaan beras capai 1.842 ton

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023