Changsha (ANTARA) - Para mahasiswa di sebuah perguruan tinggi di China tengah menerima hadiah akhir tahun yang istimewa, yaitu pesta makan gratis yang menyajikan 2,5 ton ikan segar.

Universitas Seni dan Sains Hunan, yang terletak di Kota Changde, belum lama ini menggelar dua acara pesta makan ikan untuk para mahasiswanya setelah berupaya membersihkan danau mereka dari banyaknya ikan yang mengancam ekologi danau itu.

Ikan-ikan tersebut berasal dari benih ikan yang dilepaskan ke danau itu pada 2003 dan tumbuh menjadi ikan yang sangat besar karena tidak ada panen yang dilakukan sebelumnya, kata Wen Zhiyong, direktur yang bertanggung jawab atas layanan logistik di universitas tersebut.

Pada 22 hingga 25 Desember, para staf universitas menangkap total 2,5 ton ikan, termasuk ikan mas hitam dan ikan mas perak. Koki-koki di universitas itu memasak hasil tangkapan tersebut dengan berbagai metode, seperti merebus, menggoreng, dan mengukus dengan cabai cincang khas Hunan untuk menambah cita rasa.

Hidangan ikan yang beraneka ragam disajikan kepada sekitar 10.000 mahasiswa dan staf fakultas.

Di media sosial China, klip video yang menunjukkan ikan-ikan besar yang terperangkap dalam jaring memicu kehebohan, dengan banyak warganet yang mengungkapkan kekaguman mereka pada ukuran ikan mas yang sangat besar. Topik ini telah dilihat lebih dari 46 juta kali di situs mikroblog populer Sina Weibo

"Sebagian besar ikan memiliki bobot sekitar 15 kg, dan yang terbesar mencapai 40 kg," kata Wen. "Kami memutuskan untuk melepaskan ikan yang terbesar, dan juga ikan-ikan kecil."

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023