Jakarta (ANTARA) - Polri menyiapkan dua jalur alternatif lalu lintas dari arah Jakarta menuju Bandung dan sekitarnya, saat malam bebas dari kendaraan bermotor atau car free night (CFN) di kawasan Puncak, Jawa Barat, pada malam Tahun Baru 2024.

"Kami menyiapkan rekayasa berupa dua jalur alternatif yang akan ke Cianjur dan Bandung," kata Juru Bicara Polri Kombes Pol. A. Maladi dalam keterangan yang disampaikan secara daring seperti dipantau di Jakarta, Sabtu.

Maladi menambahkan dua jalur yang disiapkan untuk dilintasi pelaku perjalanan tersebut ialah jalur Cibubur-Cianjur melalui Jonggol serta jalur Ciawi-Cianjur via Sukabumi.

Baca juga: Jasa Marga prediksi puncak balik natal-tahun baru pada 1 Januari 2024
​​​​​​​
Untuk jalur pertama, pelaku perjalanan akan diarahkan untuk melintasi kawasan Cibubur, Cileungsi, Jonggol, Cariu, Cikalong, kemudian Cianjur; sementara di jalur kedua, pemudik akan melintasi rute Ciawi, Cicurug, Cibadak, Kota Sukabumi, dan Cianjur.
​​​​​​​
"Dua jalur alternatif itu sudah siap saat diberlakukannya CFN nanti," tambahnya.

Penerapan malam bebas dari kendaraan bermotor di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, akan diberlakukan pada Minggu malam (31/12), mulai pukul 21.00 WIB, sampai Senin (1/1), pukul 01.00 WIB.
​​​​​​​
Kebijakan CFN tersebut diberlakukan selain untuk mengurai kepadatan lalu lintas, juga sebagai antisipasi terjadinya penularan COVID-19 yang kasusnya kembali mengalami peningkatan.
​​​​​​​
"Penerapan CFN di Puncak untuk mengurai kendaraan serta mengantisipasi penyebaran COVID-19 pada malam tahun baru di jalur Puncak," tambahnya.

Baca juga: Polres Bogor: Jalur Puncak tanpa kendaraan saat malam Tahun Baru 2024
​​​​​​​
Selain kebijakan malam bebas dari kendaraan bermotor, kepolisian juga akan menerapkan aturan ganjil genap di jalur Puncak mulai tanggal 29 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024.

Bagi pelaku perjalanan yang kedapatan melanggar aturan ganjil genap tersebut, maka akan langsung diputar balik oleh petugas.
​​​​​​​
"Kami mengimbau yang akan mudik untuk memperhatikan aturan tersebut, memastikan dalam kondisi sehat saat berkendara, dan senantiasa memeriksa kendaraan yang akan digunakan," ujar Maladi.

Baca juga: Garuda layani 71.678 penumpang saat puncak mudik Natal-tahun baru

Pewarta: Moch Mardiansyah Al Afghani
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023