Jakarta (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengungkapkan pendistribusian surat suara untuk pemilihan calon anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta hingga saat ini telah mencapai 80 persen.
 
"Surat suara DPRD Provinsi sudah 80 persen diterima oleh KPU kabupaten/kota," kata anggota KPU DKI Jakarta Nelvia Gustina saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.
 
KPU DKI Jakarta menargetkan pendistribusian surat suara DPRD DKI yang berjumlah 8.431.963 itu rampung pada 25 Desember lalu. Namun, kata Nelvia, target tersebut belum tercapai karena adanya pengunduran waktu pengiriman surat suara ke KPU Jakarta Barat.
 
"Hanya pengunduran waktu pengiriman untuk Jakarta Barat, sementara surat suaranya sudah diproduksi, tinggal pengiriman saja," katanya.

Baca juga: KPU DKI targetkan "zero" pemungutan suara ulang pada Pemilu 2024
Baca juga: KPU DKI gelar simulasi pemungutan suara Pemilu 2024
 
Meskipun begitu, Nelvia menyampaikan tidak ada kendala apapun yang menyebabkan pengunduran pengiriman surat suara. "Tidak ada masalah, hanya penyesuaian waktu saja," kata dia.
 
Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU DKI Jakarta itu mengatakan, pihaknya akan mengupayakan pendistribusian surat suara DPRD DKI Jakarta rampung pada 5 Januari 2024. "5 Januari (2024) akan diterima di KPU Jakarta Barat," kata dia.
 
Terkait dengan surat suara untuk pemilihan calon anggota DPR RI, kata dia, pendistribusian surat suara yang menjadi kewenangan KPU RI itu telah mencapai 100 persen atau telah didistribusikan seluruhnya ke enam kabupaten/kota di DKI Jakarta.
 
Pemungutan suara Pemilu Legislatif 2024 dilakukan serentak dengan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023