Palembang (ANTARA) -
Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan mencatat bahwa pengguna kendaraan listrik di daerah setempat pada tahun 2023 meningkat lima kali lipat dibandingkan tahun 2022.
 
Pertumbuhan pengguna kendaraan listrik di Sumatera Selatan pada 2023 berhasil melampaui target, yakni 531 unit untuk roda dua dan 108 unit untuk roda empat.

"Kenaikan ini juga diimbangi dengan infrastruktur stasiun pengisian kendaraan listrik (SPKLU) sebanyak 12 titik yang tersebar di kabupaten kota," Kata Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumsel Hendriansyah dikonfirmasi, Sabtu.
 
Ia menambahkan bahwa jumlah tersebut mengalami kenaikan yang cukup signifikan mencapai lebih dari lima kali lipat dibandingkan tahun 2022.
 
Pengguna kendaraan listrik didominasi oleh kendaraan roda dua dan empat di mana untuk roda dua meningkat dari 97 unit menjadi 531 unit sedangkan roda empat meningkat dari 43 unit menjadi 108 unit.
 
Kendaraan listrik di wilayah Sumsel ini didominasi oleh kendaraan dinas dan kendaraan pribadi masyarakat.
 
Menurutnya upaya yang dilakukan oleh dinas ESDM ialah dengan melakukan sosialisasi penggunaan kendaraan listrik terhadap instansi pemerintah mulai dari BUMN dan BUMD hingga masyarakat.
 
Sosialisasi penggunaan kendaraan listrik ini kepada instansi pemerintah dan BUMN, BUMD, tetapi antusias masyarakat untuk menggunakan kendaraan ini juga cukup tinggi.

"Bahkan persentase nya kalo lihat dari data yang ada, ini masyarakat yang lebih banyak menggunakan." katanya.
 
Ia berharap semoga kedepannya warga lebih tertarik untuk menggunakan kendaraan listrik.

Baca juga: PLN Bali kampanyekan kendaraan listrik dorong transisi energi

Baca juga: 15 juta kendaraan listrik ditargetkan mengaspal di RI pada 2030

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023