Moskow (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Sabtu mengatakan bahwa Moskow dan Ankara akan terus memperluas dialog politik dan kerja sama produktif mereka di berbagai bidang pada 2024.

Dalam pesan Tahun Baru berisi ucapan selamat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang dipublikasikan di situs resmi Kremlin, Putin mencatat bahwa Rusia dan Turki "telah cukup efektif dalam mengembangkan kerja sama multi-aspek mereka" selama beberapa tahun terakhir.

"Kedua negara bekerja bersama dalam proyek energi dan infrastruktur besar serta memfasilitasi upaya untuk mengatasi konflik regional," menurut pesan tersebut.

"Pada 2024, Moskow dan Ankara akan terus memperluas dialog politik mereka dan kerja sama produktif di berbagai bidang, yang diharapkan bermanfaat bagi kedua negara bersahabat itu dan berkontribusi terhadap penguatan keamanan dan stabilitas di benua Eurasia," menurut pesan itu lebih lanjut.

Rusia dan Turki telah secara aktif mengembangkan kerja sama ekonomi di berbagai area, termasuk pertanian dan sektor energi.

Kedua negara juga menetapkan tujuan ambisius untuk meningkatkan nilai perdagangan bilateral menjadi 100 miliar dolar AS (sekitar Rp1,53 kuadriliun), dan, menurut penilaian kedua presiden, kedua negara "berhasil mendekati" target tersebut.

Baca juga: Erdogan akan bicara dengan Putin untuk pulihkan perjanjian Laut Hitam
Baca juga: Rusia, Turki desak gencatan senjata segera di Gaza
Baca juga: Ukraina tolak seruan Turki untuk melunakkan sikap

Sumber: Anadolu

Penerjemah: Katriana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023