Islamabad (ANTARA News)- Pakistan pada Selasa membantah tuduhan India bahwa pasukannya membunuh lima serdadu India di Kashmir dan menegaskan pihaknya tetap mematuhi gencatan senjata 10 tahun dan menyerukan perundingan perdamaian.

"Tidak ada tentara Pakistan memasuki India atau melancarkan penembakan. Tuduhan India itu sama sekali tidak beralasan," kata juru bicara kepada AFP.

Kementerian Luar Negeri di Islamabad juga membantah tuduhan itu dan menegaskan tidak ada baku tembak yang mengkibatkan terjadinya insiden seperti itu," katanya dalam satu pernyataan.

Kementerian itu mengatakan Pakistan menaati perjanjian gencatan senjata tahun 2003 di wilayah Himalaya yang terbagi dua itu juga menyerukan diperkuat saluran-saluran untuk menghentikan "laporan-laporan yang sama sekali tidak beralasan itu" di masa depan.

"Pakistan berjanji akan melakukan satu proses yang konstruktif, berkesinambungan dan berhasil dalam pendekatan dengan India dan berusaha bagi dimulainya segera proses dialog," katanya.

Penting bahwa kedua pihak melakukan usaha-usaha serius dalam memelihara suasana positif dan menghindari propaganda negatif.
(H-RN)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013