Pemerintah China mengeluarkan serangkaian pedoman komprehensif untuk mempercepat pembangunan konsorsium medis dan kesehatan terintegrasi di tingkat wilayah agar meningkatkan layanan medis kepada masyarakat di basis akar rumput.
Beijing (ANTARA) - Pemerintah China mengeluarkan serangkaian pedoman komprehensif untuk mempercepat pembangunan konsorsium medis dan kesehatan terintegrasi di tingkat wilayah agar meningkatkan layanan medis kepada masyarakat di basis akar rumput.

Pedoman itu dikeluarkan 10 lembaga pemerintah termasuk Komisi Kesehatan Nasional (National Health Commission/NHC) China. Pedoman itu menguraikan pembentukan konsorsium tersebut yang dipimpin oleh rumah sakit tingkat wilayah serta terdiri dari berbagai institusi medis maupun kesehatan di tingkat wilayah, kota, dan masyarakat.

Mengakui peran penting konsorsium medis tingkat wilayah dalam reformasi perawatan kesehatan yang sedang berlangsung di China, pedoman tersebut menekankan urgensi dalam mengatasi kekurangan layanan medis di akar rumput sekaligus memenuhi harapan masyarakat tentang perawatan kesehatan lokal yang berkualitas dan mudah diakses.

Menurut departemen kesehatan utama NHC, pembentukan konsorsium medis yang terintegrasi erat ini melibatkan reorganisasi strategis sumber daya medis dan kesehatan di dalam wilayah.

Berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari inisiatif-inisiatif percontohan sebelumnya, pedoman ini untuk memastikan bahwa penyakit umum dapat ditangani di tingkat kota atau wilayah, sementara masalah kesehatan rutin dapat ditangani di akar rumput.

China bermaksud menyelesaikan pembentukan konsorsium medis tersebut di tingkat wilayah pada akhir 2027 sesuai dengan pedoman itu. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023