Cianjur (ANTARA) - Kepolisian Resort Cianjur, Jawa Barat, menerapkan rekayasa arus di titik rawan macet sepanjang jalur utama Cianjur yang banyak dilalui kendaraan warga lokal berbaur dengan pendatang yang hendak merayakan malam pergantian tahun di kawasan Puncak Cipanas.

Kapolres Cianjur, AKBP Aszhari Kurniawan di Cianjur, Minggu, mengatakan memasuki hari pergantian tahun volume kendaraan yang melintas di wilayah hukum Cianjur mengalami peningkatan yang cukup tinggi terutama di kawasan Puncak dan Cipanas serta pusat keramaian di kota Cianjur.

"Untuk mengantisipasi macet total seluruh kekuatan termasuk jajaran Polsek disiagakan untuk membantu mengatur lalulintas seiring tingginya volume kendaraan yang masuk ke Cianjur dari luar dan dalam kota," katanya.

Tim pengurai kemacetan ditempatkan di sepanjang jalur utama Cianjur mulai dari kawasan Puncak Pass hingga Jalan Raya Bandung-Cianjur, sehingga dapat melakukan sejumlah langkah termasuk melakukan rekayasa arus guna mengurai antrean kendaraan.

Tidak hanya tim pengurai, tutur dia, pihaknya menambah jadwal patroli bermobil dan tim sepeda motor dari satuan Shabara Polres Cianjur guna mematikan menjelang hingga pergantian tahun kondisi di seluruh wilayah aman, tertib dan kondusif.

"Sekitar 400 personil gabungan kita terjun-kan untuk mengamankan malam pergantian tahun di sejumlah wilayah di Cianjur terutama di pusat keramaian malam tahun baru seperti di Kecamatan Cipanas, Pacet dan wilayah kota Cianjur," katanya.

Pantauan ANTARA hingga Minggu siang, volume kendaraan yang melintas di jalur utama Cianjur terutama di kawasan Puncak-Cipanas, sudah meningkat sejak dua hari sebelumnya didominasi kendaraan bernopol Jabodetabek.

Meningkatnya angka kunjungan juga terlihat di area parkir hotel dan restoran yang banyak terdapat di kawasan tersebut, bahkan sejumlah pengelola hotel menyebutkan dari ratusan kamar yang dimiliki sudah terisi penuh sejak tanggal 30 Desember hingga tanggal 1 Januari.

Tidak hanya hotel dan restoran, pengelola vila atau rumah sewaan di kawasan Cipanas-Puncak, mencatat tingkat pemesanan cukup tinggi dibandingkan akhir tahun 2022, dari puluhan vila yang ada seluruhnya sudah terisi hingga tanggal 2 Januari.

Baca juga: Polri siapkan dua jalur alternatif saat CFN Tahun Baru 2024 di Puncak

Baca juga: Polres Bogor: Jalur Puncak tanpa kendaraan saat malam Tahun Baru 2024

Baca juga: Polisi petakan dua kali arus balik di Jalur Puncak Bogor

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023