Perusahaan juga terus menjaga stok pupuk untuk petani
Karawang (ANTARA) - PT Pupuk Kujang mengklaim telah mencatatkan kinerja optimal dan berhasil memproduksi pupuk sesuai penugasan pemerintah di sepanjang tahun 2023

"Tahun ini Pupuk Kujang berhasil memproduksi pupuk secara optimal. Perusahaan juga terus menjaga stok pupuk untuk petani," kata Maryono, Direktur Utama PT Pupuk Kujang di Kabupaten Karawang, Jabar, Minggu.

Ia mengatakan sepanjang Januari hingga 2023, prognosa produksi pupuk tercatat mencapai 1.495.251 ton. Rinciannya, pupuk urea sebanyak 893.926 ton dan pupuk NPK sebanyak 601.325 ton.

Selanjutnya untuk persiapan produksi pupuk pada tahun 2024, katanya, Pupuk Kujang telah mengamankan pasokan gas sebesar 98 billion british thermal unit per day (BBTUD).

"Dengan pasokan itu, alhasil kedua pabrik PT Pupuk Kujang akan dapat beroperasi dengan optimal pada tahun 2024," katanya.

Maryono menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2023 perusahaan tidak hanya mengejar profit, tetapi juga melakukan banyak aksi nyata untuk masyarakat dan lingkungan atau melakukan konsep bisnis 3 P (Profit, People, Planet).

“Sepanjang tahun 2023 ini, Pupuk Kujang terus melakukan berbagai strategi menjaga lingkungan seperti penggunaan listrik tenaga surya hingga efisiensi penggunaan gas bumi," katanya.

Sementara dalam program Makmur Pupuk Kujang yang menjadi misi Kementerian BUMN untuk mensejahterakan petani juga mencatatkan kinerja optimal.

Disebutkan, PT Pupuk Kujang sebagai salah satu pelaksana program Makmur berhasil melampaui target dalam hal akuisisi luas lahan. Tahun 2023, Pupuk Kujang mendampingi lahan seluas 41.143 hektare dari target seluas 37.000 hektare yang ditugaskan.


Baca juga: Pupuk Kujang menyasar petani penggarap dalam program Makmur
Baca juga: Mentan sebut alokasi pupuk subsidi ditambah melalui ABT tahun 2024
Baca juga: Pupuk Kaltim pertahankan peringkat Emas PROPER dari KLHK

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023