Untuk pembangunan fisiknya menelan anggaran sekitar Rp50 miliar.
Tanjungpinang (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membangun Gedung Sentra Kreatif Indonesia (SKI) di Kawasan Laman Gurindam 12, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Untuk pembangunan fisiknya menelan anggaran sekitar Rp50 miliar," kata Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau lokasi pembangunan SKI Kemenparekraf, di Kawasan Laman Gurindam 12, Kota Tanjungpinang, Minggu.

Sandiaga menyebut SKI merupakan sebuah Unit Pelayanan Teknis (UPT) Bidang Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Barekraf yang akan menjadi ikon yang menghubungkan budaya, bukan hanya Kepri tetapi keindonesiaan.

Dalam konsepnya, kata dia lagi, SKI akan menjadi bangunan ikonik dengan konsep atap hijau yang memadupadankan ekonomi hijau dan biru.

SKI dibangun berhadapan dengan kawasan wisata kuliner Melayu Square dan bersebelahan dengan Gedung Gonggong, Kota Tanjungpinang.

"Mudah-mudahan proses pengalihan lahan ke kita segera selesai, karena target pembangunan SKI ini dimulai 2024, dan rampung 2025," ujar Sandiaga.

Ia menyampaikan di dalam gedung SKI tersebut akan dilengkapi 17 subsektor ekonomi kreatif yang berkolaborasi dengan dunia usaha dan industri pariwisata, mulai dari musik, film, animasi, arsitektur, aplikasi permainan/games, televisi, radio, kuliner, kriya, fashion, desain, hingga visual

Menurutnya, pembangunan SKI ini juga merupakan sebuah apresiasi Kemenparekraf terhadap Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang proaktif dalam mengembangkan sektor ekonomi kreatif, salah satunya pengembangan Pulau Penyengat di Kota Tanjungpinang sebagai objek wisata religi, budaya, hingga kuliner.

Apalagi, Pulau Penyengat telah mendapat anugerah desa wisata terbaik se-Indonesia dari Kemenparekraf, sehingga berpeluang besar menciptakan peluang kerja di bidang ekonomi kreatif.

"Potensi sektor ekonomi kreatif Indonesia terus meningkat sebesar 5,3 persen atau peringkat tiga besar dunia. Salah satu unggulan kita ialah kuliner, fashion dan kriya," ujarnya pula.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengapresiasi pemerintah pusat melalui Kemenparekraf yang telah memberikan perhatian luar biasa bagi daerah itu, di antaranya dengan membangun Gedung SKI di Kota Tanjungpinang.

Menurut Ansar, SKI ini tentu akan menambah kekayaan objek wisata yang dimiliki Kepri, apalagi dibangun di pusat Kawasan Gurindam 12.

"Ini akan menjadi kawasan komprehensif, karena berdampingan dengan beberapa bangunan branded, seperti gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kepri," ujar Ansar.

Selain itu, kata Ansar lagi, di kawasan Gurindam 12 ke depan akan dibangun pusat kuliner khas Kepri dipadu dengan kuliner modern.

Pihaknya juga menargetkan penataan Kawasan Gurindam 12 secara keseluruhan bakal rampung di tahun 2025, seperti pekerjaan pembangunan jalan dua jalur hingga penataan taman bundaran di area tersebut.
Baca juga: Bangunan Hijau, solusi efisiensi energi gedung tinggi

Pewarta: Ogen
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023