Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan terkait kenaikan status Pintu Air Pos Pesanggrahan, Jakarta Selatan, menjadi waspada atau siaga 3 pada Minggu sore.

Dikutip dari laman resmi BPBD DKI Jakarta, tinggi muka air Pintu Air Pesanggrahan pada pukul 18.00 WIB berada pada posisi 180 centimeter (cm) atau berstatus Siaga 3 dengan kondisi hujan.

Kenaikan tinggi muka air tersebut terjadi sejak pukul 16.00 WIB dengan tinggi 150 cm dan pukul 17.00 WIB dengan tinggi 170 cm.

BPBD DKI juga mengimbau kepada masyarakat di sekitar wilayah Lebak Bulus, Pondok Pinang, Bintaro, Pesanggrahan, Cipulir, Ulujami, Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Kedoya Utara, Kedoya Selatan untuk waspada.

Begitu juga untuk wilayah Rawa Buaya, Kembangan Utara, Kembangan Selatan, Cengkareng Timur, Srengseng, Kelapa Dua, Kapuk, Kedaung, Kaliangke, Kapuk Muara juga waspada.

Upaya antisipasi juga telah dilakukan BPBD DKI Jakarta seperti, penyebaran informasi melalui media sosial, melalui Sistem Peringatan Dini Bencana (DEWS) dan pemberitahuan kepada camat dan lurah.

Selain itu, dalam keadaan darurat, masyarakat diimbau untuk menghubungi pusat informasi (call center) Jakarta Siaga pada nomor 112.

Baca juga: Legislator minta SDA DKI pastikan sampah tak hambat aliran air

Baca juga: Legislator harap rumah pompa Kebon Raya II mampu atasi genangan

Baca juga: Hujan deras sebabkan banjir di wilayah Cilandak Timur

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023