Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur, Inspektur Jenderal Polisi Daniel Silitonga, meminta semua polisi di daerah itu untuk menjaga kepercayaan yang diberikan oleh negara untuk mengamankan malam pergantian tahun 2023 menuju 2024.

Baca juga: Polda NTT perketat pengawasan di perbatasan negara cegah masuk narkoba

"Hari ini kita melaksanakan apel kesiapan pengamanan pergantian tahun baru. Tidak semua orang diberi kepercayaan untuk melaksanakan tugas ini oleh karena itu, jagalah kepercayaan ini, berikan rasa aman dan tanggung jawab kepada masyarakat melalui keberadaan kita di mana pun kita ditempatkan," kata dia, saat apel kesiapan pengamanan malam pergantian tahun di Mapolda NTT, Minggu.

Baca juga: Polda NTT gelar pasukan operasi mantap brata pengamanan Pemilu 2024

Apel kesiapan pengamanan malam pergantian tahun juga diikuti para personel Polda NTT serta anggota TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Jenderal polisi bintang dua itu menekankan pentingnya menjaga harkat dan martabat, menghadirkan rasa aman tanpa menakut-nakuti, serta memberikan kepercayaan kepada masyarakat.

Baca juga: Polda NTT distribusi 180.000 liter air bersih bantu warga Kota kupang

"Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, semangat, dan percaya diri. Kita yakin bahwa dari 2023 hingga 2024, kita akan hadir dan mengamankan prosesi pergantian tahun ini," kata mantan kepala Polda Papua Barat itu.

Dalam konteks partisipasi masyarakat, dia mengajak para perwira untuk bekerja sama dengan masyarakat. "Apa bila ada yang mengganggu, berikan teguran secara simpatik dan mendidik. Keamanan bagi masyarakat adalah yang utama. Lakukan tugas dengan bangga dan penuh tanggung jawab," kata dia. 

Baca juga: Polda NTT siapkan antisipasi munculnya kerawanan Pemilu 2024

Apel kesiapan ini tidak hanya sebagai persiapan fisik, tetapi juga sebagai bentuk komitmen Polda NTT untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menyambut tahun baru.

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023