Titik Nol Kilometer menjadi salah satu pusat warga dan wisatawan berkumpul merayakan pergantian tahun di Kota Yogyakarta.
Yogyakarta (ANTARA) - Dirlantas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta Kombes Pol Alfian Nurizal menyebut perayaan malam pergantian tahun di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta berjalan kondusif.

"Semua berjalan dengan aman kondusif dan terkendali dan saya rasa wisatawan nyaman juga," kata Alfian saat memantau situasi di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, Minggu malam.

Alfian menilai warga maupun wisatawan lebih leluasa menikmati perayaan pergantian tahun di kawasan Tugu, Malioboro, hingga Keraton Yogyakarta, antara lain berkat pemberlakuan bebas kendaraan bermotor (car free night) di kawasan itu.

Menurut dia, kondisi tersebut berbeda dengan perayaan Tahun Baru 2023, dimana kerumunan massa di Jalan Malioboro masih bercampur dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Tahun yang lalu tidak ada 'car free night' sehingga stagnan antara kendaran roda empat dengan kerumunan massa," ujar dia.

Ancaman keamanan selama perayaan malam tahun baru, kata dia, juga lebih mudah dan cepat diantisipasi karena polisi telah membagi kawasan Tugu, Malioboro, dan Keraton Yogyakarta dalam delapan zona koordinasi.

"Per zona itu kita sudah tahu dan bisa memprediksi potensi ancaman," kata dia.

Titik Nol Kilometer menjadi salah satu pusat warga dan wisatawan berkumpul merayakan pergantian tahun di Kota Yogyakarta.

Tepat pukul 00.00 WIB, letupan kembang api warna-warni yang menghiasi langit pusat Kota Gudeg itu disambut antusias lautan manusia yang memadati kawasan itu.

Di tengah kerumunan, muncul seorang pria yang sempat menyalakan suar merah atau "red flare" meski dapat cepat dihalau dan diamankan aparat kepolisian.

Seorang wisatawan asal Solo Jawa Tengah, Sabrina (21) mengaku menikmati perayaan malam pergantian tahun di pusat Kota Yogyakarta itu.

Sabrina yang datang bersama temannya memilih posisi berdiri agak jauh dari Titik Nol Kilometer Yogyakarta agar lebih aman.

"Menurut saya termasuk kondusif tidak yang berdesak-desakan banget," kata dia.
Baca juga: Polisi siapkan tim urai kawasan Malioboro saat malam tahun baru
Baca juga: Polisi alihkan arus lalu lintas Malioboro saat malam tahun baru
Baca juga: Pengunjung "Gumaton" dibatasi 250 ribu orang saat malam Tahun Baru

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2024