Kita sambut tahun 2024, kita jadikan tahun 2024 sebagai Tahun Kunjungan Wisata. Pada 2024 target kita 2 juta orang datang ke Batam
Batam (ANTARA) - Wali Kota Batam, Kepulauan Riau, Muhammad Rudi mencanangkan tahun 2024 sebagai Tahun Kunjungan Wisata Batam.

Pemerintah Kota Batam menargetkan sebanyak 2 juta wisatawan berkunjung ke Kota Batam pada tahun 2024.

"Kita sambut tahun 2024, kita jadikan tahun 2024 sebagai Tahun Kunjungan Wisata. Pada 2024 target kita 2 juta orang datang ke Batam,,” ujar Rudi dalam keterangan di Batam, Senin.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata menyampaikan dalam perayaan malam tahun baru, pihaknya mengadakan Kenduri Akhir Tahun yang dimeriahkan dengan pesta kembang api dan hiburan.

Dengan diadakan kegiatan ini, seluruh warga Batam merayakan tahun baru dengan gembira dan pariwisata Batam kembali bangkit.

Baca juga: Pemkot Batam luncurkan mobil pasar keliling

Baca juga: BP Batam jalin kerjasama penyewaan waduk untuk pembangunan PLTS


"Ragam kegiatan kenduri akhir tahun ini menambah daya tarik untuk Batam,"ujar dia.

Selain hiburan, kegiatan ini diramaikan dengan bazar kuliner yang berlangsung dari tanggal 29 hingga 31 Desember 2023.

Menurut Ardi, selain menjadi daya tarik wisatawan, bazar berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan dengan menggandeng ratusan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Bazar ini menghadirkan kuliner tradisional dan kekinian yang lezat," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Riau mencatat terdapat 48 lokasi titik dengan jumlah massa diperkirakan 25.000 orang, yang melaksanakan perayaan Tahun Baru 2024.

Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah di Batam, Senin, mengatakan dari 48 lokasi tersebut terdiri atas Kota Batam 31 lokasi, Kota Tanjungpinang 1 lokasi, Kabupaten Karimun 4 lokasi, Kabupaten Bintan 6 lokasi, Kabupaten Lingga 1 lokasi, Kabupaten Natuna 4 lokasi, Kabupaten Anambas 1 lokasi.

Adapun personel pengamanan berjumlah 1.797 personil gabungan.

"Upaya yang telah dilakukan yaitu penguatan keselamatan di perairan wilayah Kepri, gelar patroli dialogis Polwan Polda Kepri," kata Yan.

Baca juga: Menteri KP resmikan 2 kapal pengawas kelautan di Batam

Baca juga: Hang Nadim Batam layani 80 penerbangan pada momen Natal-Tahun Baru

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024