kunjungan ke objek wisata Puncak Rembangan juga mengalami peningkatan yakni pada saat libur Natal sebanyak 1.001 wisatawan
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengalami peningkatan saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Memang mengalami peningkatan kunjungan wisatawan nusantara di sejumlah objek wisata di Jember seperti wisata di kawasan pantai, budaya dan wisata religius," kata Kepala Dinas Pariwisata Jember Bambang Rudianto di kabupaten setempat, Senin.

Berdasarkan data, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) pada libur Natal yakni 24 Desember 2023 tercatat sebanyak 2.340 wisatawan nusantara, kemudian pada 25 Desember 2023 mengalami peningkatan menjadi 2.496 wisatawan nusantara dan dua wisatawan mancanegara.

Sedangkan pada 31 Desember 2023 juga meningkat menjadi 3.171 wisatawan domestik dan 21 wisatawan mancanegara karena Pantai Papuma menjadi salah satu destinasi wisata primadona di Kabupaten Jember.

"Tidak hanya Pantai Papuma, kunjungan ke objek wisata Puncak Rembangan juga mengalami peningkatan yakni pada saat libur Natal sebanyak 1.001 wisatawan dan pada malam tahun baru mencapai 1.737 wisatawan domestik," tuturnya.

Di Hotel Rembangan biasanya okupansi kamar juga mengalami peningkatan atau bahkan penuh dipesan wisatawan jauh-jauh hari karena ingin merayakan malam pergantian tahun di Puncak Rembangan tersebut.

Baca juga: KAI Jember prediksi puncak arus balik liburan pada 1 Januari 2024

Baca juga: KAI Jember temukan 17 penumpang miliki tiket tidak sesuai identitas


Pantauan di lapangan, sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat terlihat antre saat memasuki loket masuk objek wisata Pantai Papuma Jember karena ribuan wisatawan ingin merayakan liburan Tahun Baru 2024 di pantai tersebut.

Objek wisata Pantai Papuma merupakan salah satu destinasi wisata primadona di Kabupaten Jember karena memiliki pemandangan yang indah dan eksotis di kawasan pesisir pantai selatan, sehingga banyak wisatawan yang datang dari luar daerah memadati pantai yang berada di Kecamatan Wuluhan tersebut.

Wisatawan bisa melihat keindahan Pantai Papuma dan sekitarnya dari lokasi Siti Inggil (tanah tinggi) yang sudah dibuat oleh pihak pengelola Perum Perhutani yang berada pada ketinggian 100 meter dari permukaan laut, bahkan ada spot swafoto atau "selfi deck" di Siti Inggil untuk melihat keindahan laut Samudera Hindia.

Beberapa objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan saat libur Natal dan Tahun Baru di Jember yakni Pantai Payangan, Pantai Watu Ulo, Taman Botani Sukorambi, Seger Nusantara, Jember Mini Zoo, Agrowisata Boma Gunung Pasang, Gunung Gambir dan Kampung Durian Panti.

Baca juga: Pabrik pupuk organik milik Pemkab Jember mulai beroperasi 

Baca juga: Okupansi penumpang KA saat libur natal di Jember meningkat 11 persen

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024