"Terhadap saudara Witjaksono (koordinator Pejuang PPP pendukung Prabowo-Gibran), karena sesungguhnya baru bergabung dengan PPP masih hitungan bulan dan belum genap satu tahun. Jadi, mungkin saudara Witjaksono belum membaca AD/ART dan sesungguhnya mer
Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Senin (1/1) dan masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Malam tahun baru, Ganjar ajak masyarakat Indonesia jaga kekompakan

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengajak masyarakat Indonesia untuk menjaga kekompakan di tahun baru 2024.

"Bapak, Ibu, kita akan menghadapi situasi dunia yang makin tidak mudah maka yang dibutuhkan pertama sebagai warga negara Indonesia adalah kompak," kata Ganjar saat menghadiri acara di malam pergantian tahun baru 2024 di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu malam.

Selengkapnya klik di sini.

2. PPP tegaskan akan pecat kader yang dukung Prabowo-Gibran

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono menegaskan akan memecat kader PPP yang baru-baru ini mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subinto-Gibran Rakabuming Raka.

Menurutnya, langkah kader yang mendukung selain pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md itu dinilai melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ ART) partai.

"Terhadap saudara Witjaksono (koordinator Pejuang PPP pendukung Prabowo-Gibran), karena sesungguhnya baru bergabung dengan PPP masih hitungan bulan dan belum genap satu tahun. Jadi, mungkin saudara Witjaksono belum membaca AD/ART dan sesungguhnya mereka belum mengenali apa itu organisasi, apalagi PPP," kata Mardiono dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

3. KPU gerak cepat tangani pembagian surat suara lebih awal di Taiwan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bergerak cepat untuk menangani pembagian surat suara Pemilu 2024 kepada pemilih di Taipei, Taiwan, sebelum waktunya.

Anggota KPU RI Idham Holik di Jakarta, Senin, mengatakan langkah ini sebagai upaya menjaga kepercayaan publik terkait kecakapan penyelenggara pemilu.

Menurutnya, masyarakat juga dapat memahami peristiwa tersebut dalam pemahaman yang tepat.

"KPU RI bergerak cepat dengan cara memberikan peringatan dan arahan kepada Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taipei agar melaksanakan peraturan yang telah diberlakukan dalam pemungutan suara pos di luar negeri," ujar Idham.

Selengkapnya klik di sini.

4. Ratusan guru di Demak deklarasikan dukungan untuk Prabowo-Gibran

Ratusan guru swasta di Kabupaten Demak, Jawa Tengah mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Prabowo-Gibran di Pemilihan Presiden 2024.

"Dukungan para guru swasta ini dilakukan secara mandiri, untuk menyuarakan kemenangan Prabowo-Gibran," kata Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Kabupaten Demak Maskuri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

5. Ahmad Basarah kenang jasa-jasa Taufiq Kiemas

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) sekaligus Dewan Penasihat Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) PDIP Ahmad Basarah mengenang jasa-jasa mantan Ketua MPR RI Taufiq Kiemas dalam momentum peringatan hari lahirnya yang ke-81 tahun.

"Pak Taufiq Kiemas terkenal sebagai tokoh yang konsisten dalam perjuangan merajut persaudaraan dan kebangsaan Indonesia, maka di tahun-tahun politik ini harus diteladani oleh semua pemimpin politik Indonesia dalam merajut persaudaraan dan kebangsaan kita," ujar Basarah dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin dini hari.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024