Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden saling memberikan ucapan selamat pada Senin (1/1) untuk menandai 45 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Dalam pesannya, Xi mengatakan bahwa pembentukan hubungan diplomatik antara China dan AS merupakan peristiwa besar dalam sejarah hubungan bilateral dan internasional.

Selama 45 tahun terakhir, hubungan China-AS telah mengalami pasang surut dan mencapai kemajuan secara keseluruhan, yang tidak hanya meningkatkan kesejahteraan kedua bangsa, tetapi juga mendorong perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran dunia, ujar Xi.

Sejarah telah membuktikan dan akan terus sepenuhnya membuktikan bahwa saling menghormati, hidup berdampingan secara damai, dan kerja sama yang saling menguntungkan merupakan cara yang tepat bagi China dan AS untuk menjalin hubungan yang rukun sebagai dua negara besar, kata Presiden China itu.

Hal tersebut seharusnya menjadi arah upaya bersama yang dilakukan oleh China dan AS di era baru, imbuhnya.

Xi mengungkapkan bahwa dirinya dan Biden, dalam pertemuan mereka di San Francisco, menetapkan "visi San Francisco" yang berorientasi pada masa depan, yang memetakan arah pengembangan hubungan China-AS.

Dia meminta kedua negara untuk sungguh-sungguh mengimplementasikan pemahaman dan hasil-hasil penting bersama yang dicapai kedua kepala negara, serta mengambil langkah konkret untuk mempromosikan pengembangan hubungan China-AS yang stabil, sehat, dan berkelanjutan.

Ditekankan oleh Xi bahwa dirinya bersedia bekerja sama dengan Biden untuk terus memetakan arah hubungan China-AS, sehingga menguntungkan kedua negara dan rakyatnya, serta mendorong perdamaian dan pembangunan dunia.

Dalam pesannya, Biden mengatakan bahwa sejak pembentukan hubungan diplomatik pada 1979, hubungan antara AS dan China telah memfasilitasi kemakmuran dan peluang AS, China, serta dunia.

Biden mengatakan dirinya berkomitmen untuk mengelola hubungan yang penting ini secara bertanggung jawab, seraya menambahkan bahwa dia berharap dapat terus memajukan hubungan AS-China berdasarkan kemajuan yang telah dicapai oleh para pendahulu kedua pemimpin serta melalui berbagai pertemuan dan diskusi antara kedua kepala negara.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024