Jadi Batam ini sendiri akan menarik dari Singapura, karena bisa kita pancing 40 juta wisatawan yang ke Singapura
Batam (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebutkan Kota Batam, Kepulauan Riau menjadi perantara wisata atau "travel hub" bagi wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) yang ingin berwisata di Indonesia.

Sandiaga usai menghadiri kegiatan diskusi terkait Indonesia Tourism Outlook 2024 di Batam, Selasa mengatakan dengan letak geografis yang sangat strategis dan berada di perbatasan antarnegara, Kota Batam memiliki potensi yang cukup tinggi untuk menjadi pintu masuk bagi wisatawan mancanegara.

"Jadi Batam ini sendiri akan menarik dari Singapura, karena bisa kita pancing 40 juta wisatawan yang ke Singapura. Kalau kita konversi 10 persen, sudah menjadi 4 juta sendiri ditambah populasi masyarakat Malaysia dan Singapura yang bisa mengakses Batam," ujar Sandiaga.

Ia menyampaikan dengan terjadinya kepadatan wisatawan atau overtourism di Bali pada 2023, menjadi catatan bagi Kemenparekraf agar dapat melakukan antisipasi serta langkah-langkah koordinasi untuk menangani hal tersebut.

Ia pun menilai, Kota Batam memiliki peluang untuk mengejar kualitas serta keberlanjutan dalam meningkatkan pariwisata Indonesia.

"Batam ini juga dibangun secara menyeluruh dengan infrastruktur yang telah terbangun. Kami bisa menitipkan kepada pelaku untuk tidak terpusat hanya di satu lokasi saja, satu destinasi saja, tapi tersebar di seluruh Batam," kata dia.

Sandiaga mengatakan adapun target pada tahun 2024-2025 bagi Kepri yaitu kembali menggaet 3 juta wisatawan dari total 14 juta hingga 16 juta target wisman secara nasional.

Ia menyebutkan Indonesia yang 5 destinasi wisata super prioritas yang dicanangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tersebut juga dapat semakin memperkenalkan pariwisata dalam negeri ke mancanegara.

"Dari Batam ini tadi juga terhubung ke 20 destinasi (kota) lainnya termasuk juga di lima destinasi super prioritas sehingga Batam sendiri menjadi hub. Mari kita kembangkan apalagi tahun ini akan menjadi 30 kota terhubung untuk mendukung pariwisata," demikian Sandiaga.

Baca juga: Pemkot menyambut kunjungan perdana wisman 2024 asal Australia ke Batam
Baca juga: Wali Kota canangkan 2024 sebagai Tahun Kunjungan Wisata Batam

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024