Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meresmikan tiga jembatan Callender Hamilton (CH) di Jawa Tengah, yang berusia lebih dari 40 tahun, yang telah selesai dibangun ulang atau diperbaiki.

"Pada hari ini kita (pemerintah) meresmikan tiga jembatan yang telah selesai di Provinsi Jawa Tengah yaitu Jembatan Tajum Margasana di Banyumas ini senilai Rp72 miliar, kemudian yang kedua Jembatan Karangbawang juga di Banyumas senilai Rp89 miliar dan Jembatan Curug B di Solo, Karang Anyar senilai Rp90 miliar," kata Jokowi.

Hal itu disampaikan Presiden dalam sambutan saat meresmikan tiga jembatan dari lokasi Jembatan Tajum Margasana, Banyumas, Jawa Tengah, Selasa, sebagaimana disaksikan secara daring dari Jakarta.

Jokowi mengatakan di Pulau Jawa terdapat 37 jembatan Callender Hamilton yang harus diganti, termasuk diantaranya tiga jembatan di Jawa Tengah yang telah selesai penggantiannya dan diresmikan hari ini (2/1/2023).

Jembatan Callender Hamilton yakni jembatan yang menggunakan rancangan insinyur sipil asal Selandia Baru AM Hamilton dengan bentuk rangka-rangka modular, yang di Indonesia umumnya sudah berusia lebih dari 40 tahun.

"Ini akan memperbaiki, akan merevitalisasi jembatan-jembatan yang memang sudah saatnya untuk diperbaharui karena beban transportasi beban logistik yang ada di atas jembatan semakin hari semakin berat," tutur Presiden.

Presiden berharap dengan jembatan baru maka mobilitas barang dan orang akan semakin terjamin keamanannya juga kecepatannya.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024