Awal tahun 2024 ini pergerakan wisman ke Riau menunjukkan tren yang positif
Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 34 wisatawan asal Malaysia, Singapura, Finlandia dan India berkunjung ke Riau sekaligus menjadi kunjungan perdana ke provinsi itu pada awal tahun 2024.

Mereka datang ke Riau menggunakan 2 pesawat Air Asia AK 427 dan AK 431 (Kuala Lumpur-Pekanbaru), serta satu pesawat Scot TR 252 (Singapura-Pekanbaru).

"Awal tahun 2024 ini pergerakan wisman ke Riau menunjukkan tren yang positif. Sebanyak 34 wisman tiba di Pekanbaru. Mereka tiba terbagi dari tiga kedatangan maskapai penerbangan," kata Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat dalam keterangannya di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Rony kedatangan mereka dengan dua unit pesawat Air Asia dari Kuala Lumpur, Malaysia membawa 10 dan sembilan wisman ke Riau. Berikutnya pesawat Scot dari Singapura membawa 15 wisman.

Sama seperti tahun tahun sebelumnya kata Roni menyebutkan, setiap awal tahun kedatangan turis mancanegara selalu disambut dengan resmi disuguhi 'Air Mata Pengantin' minuman khas Riau dan penampilan kesenian tradisional Riau yakni 'joget lambak'.

"Saat datang mereka mesti dikalungi bunga dan mereka mendapatkan cindera mata khas Riau, berikut menyaksikan joget lambak oleh lima penari diiringi alat musik kompang, akordeon, dan biola saat memasuki pintu kedatangan internasional Bandara SSK II, Pekanbaru," katanya.

Penyambutan wisman tersebut katanya pula sudah rutin setiap awal tahun digelar Dispar Riau bekerja sama dengan PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Internasional SSK II Pekanbaru.

Ia mengatakan wisman disambut dengan penampilan lima penari dalam 'Joget Lambak" dan minuman Air Mata Pengantin sebagai upaya memperkenalkan kesenian Riau dan mempromosikan kuliner khas Provinsi Riau. 

Baca juga: Kini, wisman masuk Kepri tak perlu lagi lampirkan asuransi kesehatan
Baca juga: Riau punya kampung Zapin Meskom yang menarik bagi wisatawan

Pewarta: Frislidia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024