Ia juga memaparkan beberapa masalah yang ditangani oleh pemerintah pusat, seperti upaya menjaga keamanan menjadi persoalan yang menurut publik memiliki penanganan paling baik, yakni sebesar 89,3 persen.
Jakarta (ANTARA) -
Lembaga survei Pusat Polling (Puspoll) Indonesia mengungkapkan sebanyak 76,7 persen publik menyatakan puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mendukung keberlanjutan program-programnya.
 
“Kalau kita lihat tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan saat ini memang angkanya masih cukup tinggi, yaitu 76,7 persen,” kata Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia Muslimin Tanja di Jakarta, Selasa.
 
Angka itu, kata dia, merupakan gabungan dari masyarakat yang menyatakan cukup puas sebesar 65,1 persen dan sangat puas sebesar 11,6 persen.
 
Kemudian, kata Muslimin, responden yang menyatakan tidak puas terhadap kinerja Jokowi sebesar 22 persen dan yang menyatakan tidak tahu dan tidak jawab sebesar 1,3 persen.
 
Ia juga memaparkan beberapa masalah yang ditangani oleh pemerintah pusat, seperti upaya menjaga keamanan menjadi persoalan yang menurut publik memiliki penanganan paling baik, yakni sebesar 89,3 persen.

Baca juga: Survei NSN: 80,8 persen publik puas terhadap kinerja Jokowi
Baca juga: Jokowi upayakan pencairan tunjangan kinerja KPU rampung Januari 2024
 
Sementara itu, upaya menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok agar terjangkau oleh rakyat, yang mendapatkan angka penilaian sebesar 47,6 persen.
 
Pusat Polling Indonesia (Puspoll Indonesia) menyelenggarakan survei nasional preferensi politik masyarakat dengan pengumpulan data pada 11-18 Desember 2024 melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner terstruktur (structured interview).
 
Adapun jumlah sampel sebanyak 1.220 responden, yang tersebar di 34 provinsi. Survei ini menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Usia minimum responden adalah 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih.

Baca juga: 52,2 persen pendukung AMIN puas dengan kinerja pemerintah Jokowi
Baca juga: Polling Institute: Kepuasan terhadap kinerja Jokowi capai 78,3 persen
 
 
 
 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024