Tangerang (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengakhiri rangkaian kunjungan politiknya di Kampung Pulo Banda Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan, Selasa malam, sambil blusukan mempromosikan UMKM milik warga daerah tersebut.

Kaesang yang ditanya oleh salah seorang warga Kampung Pulo Banda mengenai program terkait UMKM untuk masyarakat, diberi produk "beer pletok" oleh warga saat mengakhiri pertanyaannya.

Kaesang menyambut pemberian warga tersebut dengan antusias dan langsung memamerkannya ke masyarakat yang menghadiri acara.

Dia juga menjelaskan upaya yang telah dilakukannya sebagai pengusaha sebelum berkiprah di dunia politik, yaitu mendorong para UMKM untuk naik kelas.

Kaesang menyebutkan perusahaannya PT Harapan Bangsa Kita atau GK Hebat yang telah membina puluhan UMKM dari seluruh Indonesia, semenjak sebelum dirinya menjabat Ketua Umum PSI.

Pada 2023, Kaesang bersama pemilik RANS Entertainment Raffi Ahmad, dan Sinar Mas Land juga membangun pusat kuliner UMKM di BSD City Tangerang Banten.

"Saat saya jadi pengusaha membina UMKM tidak bisa masif, oleh karena itu saya masuk ke politik," kata Kaesang.

Mengenai program permodalan untuk pelaku UMKM, Kaesang menyebut pemerintahan Presiden RI Joko Widodo sudah memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pelaku UMKM dan petani.

Pada rancangan program pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, kata Kaesang, juga sudah menyiapkan KUR tanpa agunan.

Pada saat mengunjungi masyarakat di Kampung Pulo Banda Ciputat Timur, Kaesang menyempatkan diskusi dan nobar bersama warga.

Kaesang berkeliling ke sejumlah wilayah di Provinsi Banten untuk menjalani agenda politik guna memastikan kemenangan PSI dan Prabowo-Gibran pada hari ini hingga Rabu (3/1).

Kaesang sebelumnya sudah bertemu dan berdiskusi dengan sejumlah lapisan masyarakat mulai dari sukarelawan, pengusaha dan pendiri startup, komunitas dan pelaku industri kreatif, sampai tokoh agama.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024