Fuzhou (ANTARA) - China mengumumkan sejumlah langkah konkret dalam enam bidang guna meningkatkan dukungan bagi ekonomi swasta, menyusul langkah-langkah sebelumnya yang diluncurkan pada 2023 yang membantu perusahaan-perusahaan swasta mencatatkan pertumbuhan perdagangan dan investasi yang tinggi.

Zheng Shanjie, Kepala Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC), badan perencana ekonomi utama China, pada Selasa (2/1) mengatakan bahwa langkah-langkah yang lebih pragmatis akan diambil dalam enam bidang.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Zheng dalam sebuah konferensi bertema pembangunan ekonomi swasta berkualitas tinggi yang digelar di Jinjiang, Provinsi Fujian, China timur.

Tiga dari enam bidang tersebut adalah mempercepat proses legislasi undang-undang tentang promosi ekonomi swasta, meningkatkan komunikasi dan pertukaran multijenjang serta mendengarkan suara riil dari perusahaan swasta, dan memperkuat analisis perkembangan ekonomi swasta.

Tiga bidang lainnya adalah menarik lebih banyak modal swasta untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek teknik nasional utama, seperti jalur kereta dan tenaga nuklir, serta proyek-proyek lain yang mencakup energi, fasilitas air, serta perlindungan ekologi dan lingkungan; memublikasikan praktik-praktik yang baik dan kasus-kasus untuk pembelajaran bersama, dan meningkatkan mekanisme kerja dengan tujuan untuk melayani perkembangan ekonomi swasta dengan lebih baik.

Serangkaian kebijakan untuk mendorong perkembangan ekonomi swasta diperkenalkan pada 2023.

"Dengan penerapan kebijakan dan langkah-langkah ini, perkembangan ekonomi swasta telah menunjukkan tren umum kemajuan dan peningkatan yang stabil," tutur Zheng.

Data pemerintah China menunjukkan bahwa dari Januari hingga November 2023, impor dan ekspor perusahaan swasta meningkat 6,1 persen secara tahunan (year on year/yoy). Tidak termasuk investasi di sektor real estat, investasi swasta meningkat 9,1 persen (yoy) pada periode yang sama.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024