Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden Ganjar Pranowo menyempatkan diri ke Kelenteng Hian Thian Siang Tee Welahan yang berada di Jepara, Jawa Tengah, saat melakukan safari politiknya di Kabupaten Demak dan Jepara.

Dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu, capres yang berpasangan dengan Mahfud Md ini berdiskusi kecil dengan pengurus Kelenteng Hian Thian Siang, membahas kegiatan yang sering dilakukan di sana.

Salah satu pengurus Kelenteng Hian Thiang Siang, Suwoto menjelaskan kedatangan Ganjar untuk mampir, lantaran mempunyai kedekatan dengan para pengurus Kelenteng.

“Pak Ganjar kebetulan ada kunjungan ke Jepara dan mampir di sini. Pak Ganjar waktu jadi Gubernur memang dekat dengan Ketua Kelenteng sini, itu dekat sekali,” kata Suwoto,

Ganjar turut didoakan oleh pemuka agama Kelenteng Hian Thian Siang, Suhu Tan Kiong Hi, agar tetap sehat, dan supaya sukses dan terwujud harapannya.

Kelenteng Hian Thian Siang Tee merupakan rumah ibadah Konghucu yang terletak di Desa Welahan, Kecamatan Welahan, Jepara. Kelenteng ini disebut-sebut telah berdiri sejak tahun 1600 Masehi dan menyimpan satu-satunya pusaka peninggalan masyarakat Tiongkok berupa Sien Tjiang.

Terdapat dua kelenteng di sana, Kelenteng Dewa Langit dan Kelenteng Dewa Bumi. Kelenteng Dewa langit merupakan daerah perdagangan di sekitarnya pada masa dahulu, sedangkan Kelenteng Dewa Bumi merupakan daerah hasil bumi.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024