Guangzhou (ANTARA) - Tidak kurang dari 16,3 juta orang pelintas inbound maupun outbond serta 3,26 juta kendaraan tercatat melewati pelabuhan Zhuhai di Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau (Hong Kong-Zhuhai-Macao Bridge/HZMB) sepanjang tahun 2023, atau masing-masing 1,29 kali dan 3,8 kali lipat lebih tinggi dari tahun 2019, demikian data resmi menyebutkan.

Pada 2023, rombongan-rombongan wisatawan menjadi penyumbang terbesar aliran pelintas HZMB yang juga merupakan jembatan dan terowongan penyeberangan laut terpanjang di dunia itu, ujar pihak stasiun inspeksi perbatasan pada jembatan itu, Selasa (2/1).

Data menunjukkan bahwa pada 2023, lebih dari 45.000 rombongan wisatawan China Daratan melakukan perjalanan ke dan dari Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong dan SAR Makau melalui jembatan tersebut.

Sementara itu, warga Hong Kong dan Makau mencatatkan rekor tertinggi untuk kunjungan ke China Daratan melalui jembatan itu, yaitu hampir 10 juta pelintas.

Pada 2023, arus pelintas harian tertinggi melalui jembatan tersebut mencapai 115.000 orang, menyentuh rekor tertinggi baru sejak jembatan itu mulai beroperasi, kata seorang staf di stasiun inspeksi perbatasan tersebut.

Dengan panjang 55 kilometer, HZMB menghubungkan SAR Hong Kong, Kota Zhuhai di Provinsi Guangdong, dan SAR Makau. Jembatan ini membawa peluang dan manfaat yang luar biasa bagi Kawasan Teluk Besar Guangdong-Hong Kong-Makau.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024