Kapuas Hulu (ANTARA) - Ketua KPUD Kabupaten Kapuas Hulu di Kalimantan Barat, Muhammad Yusuf, mengatakan, terdapat kekurangan 5.750 surat suara yang akan digunakan pada Pemilu serentak di daerah tersebut.

"Setelah kami lakukan sortir dan lipat surat suara terdapat kekurangan 5.750 lembar untuk pemilihan DPR RI dan DPRD kabupaten dan surat suara rusak sebanyak 133 lembar," kata dia, di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu.

Baca juga: KPU Kapuas Hulu pastikan gudang logistik Pemilu 2024 aman dari banjir

Ia bilang, total kebutuhan surat suara untuk Pemilu serentak di Kabupaten Kapuas Hulu sebanyak 599.029 lembar, belum termasuk jumlah surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan DPD.

Sedangkan yang sudah diterima di gudang logistik KPU Kapuas Hulu sebanyak 593.844 lembar. "Jumlah tersebut belum termasuk surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden serta DPD, yang belum diterima, karena saat ini masih proses pendistribusian," kata dia.

Baca juga: 1.922 petugas KPU Kapuas Hulu dijamin BPJS Ketenagakerjaan

Menurut dia, tidak hanya terdapat kekurangan dan kerusakan surat suara, akan tetapi terdapat juga kelebihan surat suara untuk pemilihan DPRD provinsi sebanyak 471 lembar.

Ia bilang untuk suara suara yang kurang dan ada kerusakan akan diusulkan untuk digantikan kepada KPU sesuai kebutuhan, sedangkan kelebihan surat suara akan dikembalikan.

Baca juga: Polres Kapuas Hulu persiapkan pengamanan Pemilu 2024

Ia memastikan surat suara beserta logistik pemilu lainnya tersimpan aman di gudang logistik dengan pengawasan dan pengamanan oleh kepolisian serta telah dipasang juga kamera pengamat baik pada gudang logistik maupun di Kantor KPUD Kapuas Hulu.

"Untuk keamanan logistik pemilu dijaga ketat oleh kepolisian kami juga memasang CCTV untuk pengawasan," katanya.

Baca juga: Polres Kapuas Hulu persiapkan pengamanan Pemilu 2024

Untuk diketahui, pada Pemilu serentak 2024, Kabupaten Kapuas Hulu memiliki 984 TPS dengan jumlah daftar pemilihan tetap sebanyak 193.984 jiwa, yang tersebar di 278 desa, empat kelurahan di 23 kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024