... YES 118 juga bisa diakses warga luar kota, asalkan tempat kejadian kegawatdarutan di wilayah administratif Kota Yogyakarta... "
Yogyakarta (ANTARA News) - Pemudik Lebaran atau wisatawan di Kota Yogyakarta kini bisa memanfaatkan layanan kegawatdaruratan Layanan Kegawatdaruratan Yogyakarta (Yogyakarta Emergency Services/YES) 118.

Mirip dengan layanan 911 di Amerika Serikat yang sering ditampilkan dalam film-film Holywood, demikian kira-kira visi ke depan layanan publik tanpa bayar ini. 

"YES 118 juga bisa diakses warga luar kota, asalkan tempat kejadian kegawatdarutan di wilayah administratif Kota Yogyakarta," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Tuty Setyowati, di Yogyakarta, Jumat.

Masyarakat dapat mengakses layanan YES 118 tersebut dengan menghubungi secara langsung nomor telepon 118 dari berbagai provider atau melalui nomor telepon (0274) 420118 apabila melakukan panggilan dari flexi.

Petugas operator yang berada di PMI Cabang Kota Yogyakarta akan segera menindaklanjuti informasi tersebut dengan mengirimkan ambulans ke lokasi kejadian sehingga korban bisa segera dibawa ke rumah sakit terdekat.

Pelayanan evakuasi dan pelayanan kesehatan untuk 24 jam pertama di rumah sakit adalah gratis karena biaya pelayanan sudah dibebankan dalam jaminan kesehatan daerah melalui APBD Kota Yogyakarta.

"Tentunya, hal itu berlaku apabila korban atau pasien mengikuti aturan yang sudah ditetapkan, seperti bersedia dirawat di kelas tiga," katanya.

Dalam layanan YES 118, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta sudah bekerja sama dengan 10 rumah sakit setempat, yaitu RS Jogja, RS Bethesda, RS Bethesda Lempuyangwangi, RS DKT, RS Happy Land, RSI Hidayatullah, RS Ludira Husada, RS Panti Rapih, RS PKU Muhammadiyah, dan RS Sardjito sebagai pusat rujukan.

Selama masa mudik Lebaran 2013 hingga H+7 Lebaran, YES 118 juga bekerja sama dengan Pos P3K yang ada di enam lokasi, yaitu di Terminal Giwangan, Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan, Taman Parkir Abu Bakar Ali, Gembira Loka dan PMI Tegalgendu.

"Jika ada kejadian kegawatdaruratan di posko kesehatan, maka pasien bisa segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk memperoleh layanan kesehatan," katanya.

Pos P3K tersebut beroperasi 24 jam sehari dan diperkuat oleh petugas kesehatan seperti dokter dan perawat, obat-obatan serta relawan PMI. "Keluhan yang biasa disampaikan pemudik adalah kelelahan atau pusing," katanya.

Pewarta: Eka Rusqiyati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013