Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani, mengatakan siaran langsung (live) TikTok yang dilakukan Anies Baswedan dan Mahfud MD merupakan bagian dari kreativitas kampanye kedua peserta Pilpres 2024 itu untuk meraih simpati pemilih.

"Setiap upaya kreativitas untuk menarik simpati pemilih sebanyak-banyaknya, itu sah-sah saja," kata Muzani di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan hal itu untuk menjawab pertanyaan apakah aksi live TikTok yang dilakukan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD akan menyaingi gimik "gemoy" usungan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Muzani menilai bahwa aksi siaran langsung di platform media sosial yang dilakukan Anies dan Mahfud MD merupakan hasil dari eksplorasi demokrasi demi meraih simpati publik.

Baca juga: Ganjar tanggapi gaya kampanye baru Anies di TikTok

Pasangan calon Prabowo-Gibran pun melakukan metode serupa, tambahnya, sehingga tidak perlu merasa tersaingi.

"Itu bentuk dari kreativitas dalam setiap demokrasi untuk menjaring simpati sebanyak-banyaknya dan inilah pentingnya demokrasi, mengeksplorasi banyaknya kreativitas dan inovasi," jelas Muzani.
​​​​​​​
Dia menjelaskan saat ini TKN Prabowo-Gibran lebih memilih untuk fokus melakukan persiapan menghadapi debat ketiga capres Pemilu 2024 yang akan digelar pada Minggu (7/1).

Persiapan dilakukan secara menyeluruh, kata Muzani, mulai dari menyiapkan materi yang akan disampaikan maupun persiapan fisik agar tampil bugar saat berada di atas panggung debat.

"Persiapan debat, Pak Prabowo banyak diskusi, banyak membaca, dan tentu saja menyegarkan kebugaran dan situasi fisik yang lebih fit lagi," ujar Ahmad Muzani.

Baca juga: Pakar menilai live TikTok cara capres genjot partisipasi pemilih muda
​​​​​​​
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Debat ketiga capres Pemilu 2024 akan berlangsung pada tanggal 7 Januari 2024 dengan topik pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Pada 12 Desember 2023, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta. Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada 22 Desember 2023.

Selanjutnya, rangkaian debat capres-cawapres Pemilu 2024 dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada tanggal 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Baca juga: Timnas AMIN: Anies tak jadikan "Live" TikTok sebagai panggung politik

Pewarta: Moch Mardiansyah Al Afghani
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024