Hohhot (ANTARA) - Sepanjang tahun 2023, Pelabuhan Ganqmod yang merupakan pelabuhan jalan raya terbesar di perbatasan China-Mongolia, menangani total 37,86 juta ton barang atau melonjak 98,54 persen secara tahunan (year on year/yoy) sekaligus mencapai rekor tertinggi sejak pelabuhan tersebut resmi dibuka.

Menurut Qin Ruiqiang, Wakil Direktur Komite Manajemen pelabuhan tersebut, pada 2023, pelabuhan itu terus mendorong pembangunan bea cukai yang cerdas, jalur khusus untuk kendaraan nirawak lintas perbatasan dan zona pengawasan bea cukai khusus, serta peningkatan efisiensi bea cukai yang signifikan.

Pada 2023, kata Qin, Pelabuhan Ganqmod menginvestasikan lebih dari 40 juta yuan untuk memperlebar jalan-jalan yang sudah ada, menambah kapasitas bea cukai hingga dua kali lipat, serta lebih lanjut meningkatkan keselamatan lalu lintas.

Terletak di Mongolia Dalam, China utara, Pelabuhan Ganqmod merupakan jalur impor energi utama bagi China sekaligus pusat penting dalam koridor ekonomi China-Mongolia-Rusia.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024