Jakarta (ANTARA) - Lembaga survei Polling Institute merilis temuan terbaru bahwa Gibran Rakabuming Raka dipersepsikan responden sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang tampil paling baik saat debat cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (22 Desember 2023).

Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim saat memaparkan hasil survei yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa Gibran unggul cukup telak dengan angka 54,6 persen.

"Dari mereka yang menyaksikan debat tersebut, kami tanyakan kembali, cawapres mana yang tampil paling baik dalam acara debat tersebut, ini kami temukan Mas Gibran unggul ketimbang dua cawapres lainnya," kata Kennedy.

Gibran disusul oleh Mahfud Md. dengan 25,3 persen dan Muhaimin Iskandar dengan 16 persen. Sementara itu, responden yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 4,2 persen.

Saat ditanyakan perihal cawapres yang paling bagus program kerjanya, mayoritas responden kembali memilih nama Gibran.

"Ini juga Mas Gibran lagi-lagi unggul di sini, sekitar 50 persen (49,7 persen, red.)," imbuh Kennedy.

Mahfud menyusul di posisi kedua dengan 20,3 persen dan Muhaimin di posisi ketiga dengan 18,2 persen. Responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab ada sebesar 11,9 persen.

Pada survei tersebut ditanyakan pula cawapres mana yang paling bagus dalam menjawab pertanyaan atau dalam menyampaikan pendapat, Gibran lagi-lagi dipersepsikan publik unggul dengan angka 50,1 persen.

"Di posisi kedua ada Pak Mahfud 27,7 persen, kemudian Cak Imin 18,3 persen," sambung Kennedy.

Pada kategori cawapres yang paling menguasai persoalan yang diperdebatkan, Gibran masih unggul di angka 47 persen, Mahfud dengan 31,9 persen, dan Muhaimin dengan 16,6 persen.

"Cawapres mana yang paling meyakinkan, ini Mas Gibran di 48,9 persen, unggul dari Mahfud Md. 30,4 persen dan Muhaimin Iskandar 16,9 persen," ujar dia.

Survei Polling Institute pada tanggal 26–28 Desember 2023 dengan populasi WNI yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon seluler. Sampel sebanyak 1.246 responden dipilih melalui kombinasi metode random digit dialing (RDD) dan double sampling (DS).

Batas galat atau margin of error survei ini kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Sementara itu, wawancara dengan responden melalui telepon oleh pewawancara.

Baca juga: Polling Institute: Tingkat kesukaan kepada Gibran naik pascadebat
Baca juga: TKN imbau masyarakat tidak gaduh soal video diduga ASN dukung Gibran


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024