Cianjur (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari, mengatakan gudang logistik KPU Cianjur sudah sesuai standar  atau sangat layak untuk keamanan dan penjagaan kualitas logistik yang akan digunakan pada Pemilu 2024.

"Berdasarkan hasil pengecekan, gudang logistik KPU Cianjur sudah memenuhi standar seperti memiliki kapasitas besar dan adanya ketersediaan palet mencegah kelembaban  serta rembesan air ketika terjadi banjir," kata Hasyim saat mengunjungi gudang KPU Cianjur, Rabu.

Hasyim menjelaskan, sejak Desember 2023 KPU kabupaten/kota di Indonesia termasuk KPU Cianjur, sudah menerima logistik untuk keperluan Pemilu 2024 secara bertahap, termasuk surat suara yang akan digunakan tanggal 14 Februari 2024.

Terdapat lima jenis surat suara yang sudah diterima KPU Cianjur, mulai dari surat suara untuk Pemilu Presiden, Pemilu DPR-RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota-Kabupaten dan DPD, selanjutnya akan dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara dengan target waktu selama 10 hari.

"Kami menargetkan dalam durasi 10 hari sudah selesai penyortiran, pelipatan surat suara hingga pengemasan dengan hasil akhir semua dimasukkan ke dalam kotak suara per TPS. Kami minta KPU Cianjur membuat laporan progres setiap hari dari lima jenis surat suara," katanya.

Dia mencontohkan surat suara yang tercapai pelipatannya berapa jumlahnya dan diinformasikan ke KPU provinsi, KPU pusat, Bawaslu, TNI/Polri kejaksaan dan pemerintah daerah, sehingga dapat diketahui perkembangan yang sudah dikerjakan setiap harinya.

Sekretaris KPU Cianjur, M Thomas Iqbal, mengatakan dalam penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu 2024, KPU Cianjur akan melibatkan ratusan orang yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat di Cianjur.

"Untuk pelipatan dan penyortiran surat suara yang akan digunakan pada Pemilu 2024, membutuhkan waktu 14 hari yang ditargetkan selesai tepat waktu dan akan dimulai awal tahun setelah seluruh surat suara masuk ke gudang KPU," katanya.

Tahapan selanjutnya, kata dia, pendistribusian ke masing-masing PPK se Kabupaten Cianjur pada H-3 sebelum pencoblosan, selanjutnya pada H-2 sudah disebar ke setiap desa dan H-1 sudah tersebar di setiap TPS.

"Pada saat pendistribusian logistik keperluan untuk pemungutan suara, kotak dan surat suara dipastikan akan dikemas menggunakan plastik agar tidak rusak karena cuaca dan mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian," katanya.

Sedangkan logistik yang sudah terpenuhi 100 persen tersimpan di gudang, tambah dia, seperti tinta dengan kebutuhan 14.556 botol, kotak surat suara sebanyak 36.454 unit, bilik suara dengan rincian 29.112 unit, dan segel 735.790 keping.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024