Rizal Ramli memang sahabat saya, seorang intelektual, seorang aktivis, dan idealis, hanya kadang-kadang kurang sabar.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan ungkapan belasungkawa mendalam atas wafatnya ekonom senior yang juga mantan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli.

Prabowo menganggap sosok Rizal Ramli sebagai seorang intelektual dan pribadi yang idealis meski pun terkadang kurang sabar.

"Rizal Ramli memang sahabat saya, seorang intelektual, seorang aktivis, dan idealis, hanya kadang-kadang kurang sabar," kata Prabowo setelah bertakziah ke rumah duka almarhum Rizal Ramli di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu.

Prabowo mengatakan bahwa pembawaan dan karakter Rizal Ramli yang idealis tersebut acap kali membuatnya menginginkan hadirnya perbaikan pemerintahan yang cepat.

"Saat saya memilih jalan rekonsiliasi dan memilih kerukunan mencari titik-titik pertemuan dari pada titik perpisahan (setelah Pilpres 2019), mungkin beliau kurang sabar," kata Prabowo.

Meskipun pada akhirnya memilih jalan politik yang berbeda, Prabowo tetap menganggap sosok Rizal Ramli sebagai sahabat dan saling menghormati.

"Kami saling menghargai, kami saling menghormati," katanya.

Prabowo Subianto tiba di rumah duka yang menjadi tempat almarhum Rizal Ramli disemayamkan di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu pukul 18.55 WIB.

Setibanya di rumah duka, Prabowo yang mengenakan seragam safari berwarna krem menyalami keluarga dan kerabat almarhum sebelum menyempatkan diri untuk berdoa di hadapan jenazah.

Selain Menteri Pertahan Prabowo Subianto, sejumlah tokoh nasional juga bertakziah ke rumah duka almarhum. Tokoh tersebut di antaranya wakil presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla, Menko Polhukam Mahfud Md., Menparekraf Sandiaga Uno, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Ekonom senior sekaligus mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli wafat pada Selasa (2/1) malam di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Almarhum Rizal Ramli akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Kamis (4/1).

Baca juga: Menkeu: Rizal Ramli banyak memberi masukan untuk Kemenkeu
Baca juga: Luhut menghormati Rizal Ramli walau kerap berbeda pandangan

Pewarta: Moch Mardiansyah Al Afghani
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024