Manado (ANTARA) - PT PLN UID Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) menghadirkan energi bersih bagi masyarakat melalui Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Ulung Peliang yang ada di Kecamatan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut).

"Hal ini untuk mendukung kebutuhan suplai kelistrikan di Sangihe," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) Ari Dartomo, di Manado, Rabu.

Dia mengatakan PLN terus berkomitmen mendukung program pemerintah untuk mencapai target Net Zero Emission, salah satunya menyediakan tenaga listrik bersumber dari Energi Baru Terbarukan (EBT).

“PLN terus berkomitmen untuk mendukung program pemerintah untuk mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060, termasuk PLTHM Upel ini yang menjadi asset yang rutin dipelihara untuk menjaga kualitas pasokan listrik agar optimal melayani pelanggan,” jelas Dartomo.

Manager UP3 Tahuna Muhammad Taufik mengatakan PLTMH Ulung Peliang ini salah satu upaya untuk mencapai target tersebut, bauran energi yang bersumber dari EBT di Sulut hingga saat ini yang terus meningkat, dengan salah satu kontribusi dari PLTMH Ulung Peliang.

Diketahui, PLTMH Ulung Peliang sendiri didirikan sejak tahun 1997 dengan kapasitas terpasang 1000 kW dan merupakan PLTMH pertama yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Sejalan dengan transformasi PLN Pilar Green, kolaborasi dan sinergi dalam pengembangan EBT merupakan komitmen PLN untuk terus menghadirkan energi bersih untuk negeri.

Pilar Green dalam Transformasi PLN juga terintegrasi dengan pilar Customer Focused, di mana PLN berusaha memberikan layanan terbaik dan berkualitas dengan pengalaman menggunakan listrik yang tidak hanya bersih tapi juga mudah untuk diakses.

PT PLN (Persero) sebagai objek vital nasional bergerak di sektor kelistrikan berkomitmen terus memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

PLN terus membuktikan peran strategisnya dalam mendukung perkembangan pada transmisi energi hijau, serta berupaya meningkatkan kecepatan layanan bagi seluruh pelanggan dengan dengan menghadirkan aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store.

Baca juga: PLTMH hadir, warga desa Wairara merasakan merdeka

 

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024