Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memiliki program untuk mendirikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Palestina dan mengangkat utusan khusus.

Dahnil mengungkapkan hal itu saat menanggapi tingginya dukungan publik terhadap Palestina yang sedang menghadapi serangan Israel di Gaza dan diprediksi menjadi salah satu tema pembahasan dalam debat ketiga capres Pemilu 2024 pada Minggu (7/1).

"Kami kira semua (pasangan) calon dan juga rakyat Indonesia satu suara untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. Namun, Prabowo-Gibran punya target program khusus, yaitu memperjuangkan adanya Kedutaan Besar kita (RI) di Palestina dan mengangkat utusan khusus untuk mendorong proses kemerdekaan Palestina. Itu ada di visi dan misi kami," kata Dahnil dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Jubir: Hari pertama kampanye Prabowo-Gibran serahkan bantuan Palestina

Komitmen Prabowo-Gibran mendirikan KBRI di Palestina dan mengangkat utusan khusus tersebut, jika terpilih memenangi Pilpres 2024, lanjut Dahnil, menjadi simbol konsistensi diplomasi Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina.​​​​​​

Juru bicara Prabowo Subianto itu juga menjelaskan KBRI yang saat ini berada paling dekat dengan Palestina adalah KBRI di Amman, di mana kedutaan besar tersebut berfungsi tak hanya sebagai pembawa misi diplomatis RI untuk Kerajaan Hasyimiyah Yordania, tetapi juga merangkap sebagai perwakilan Indonesia untuk Palestina.

"Kemerdekaan Palestina adalah amanat sejarah dan kemanusiaan bangsa Indonesia. Palestina jadi satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955, tetapi sampai saat ini belum merdeka. Jadi, Prabowo-Gibran akan konsisten tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel dan memperkuat dukungan diplomasi untuk Palestina merdeka," jelas Dahnil.

Menurut politikus Partai Gerindra itu, jika mimpi Prabowo-Gibran untuk membuka KBRI di Palestina terwujud, maka peran Indonesia dalam membela Palestina tentu menjadi jauh lebih signifikan.

Baca juga: Capres Prabowo salurkan bantuan Rp5 miliar untuk rakyat Palestina

"Kami tentu mengetahui hal ini sulit, mengingat hari ini Palestina masih terus diinvasi oleh Israel. Namun, kami mohon doa restu dari masyarakat Indonesia semua, semoga tujuan besar Prabowo-Gibran membangun KBRI untuk mendukung kemerdekaan Palestina ini bisa tercapai," ujar Dahnil.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo ajak massa tunduk mendoakan warga Gaza 

Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024