Jakarta (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo melakukan konsolidasi dengan relawan milenial bersama Tim Pemenangan Daerah (TPD) dan Tim Pemenangan Cabang (TPC) pasangan calon Ganjar-Mahfud di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis.

Di hadapan para kader partai koalisi dan relawan, Ganjar mengingatkan bahwa waktu pencoblosan Pilpres 2024 semakin dekat, sehingga dia menyerukan untuk semakin bergerak menemui masyarakat.

"Kami selalu ketemu dengan partai pengusung, dengan relawan, dan kami menyampaikan waktu makin pendek, dan kemudian kami mengkonsolidasikan seluruh kekuatan," kata Ganjar di Rumah Relawan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis.

Dalam acara konsolidasi tersebut, Ganjar berpesan agar seluruh kader dan relawan giat turun ke masyarakat guna menyampaikan program pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD hingga mengajarkan pemilih mengenai teknis pencoblosan.

"Satu, bertemu dengan rakyat. Kedua, menyampaikan program Ganjar-Mahfud. Ketiga, lakukan latihan nyoblos dan tentu saja teman-teman teknis, para saksi, mereka akan siap di setiap TPS (tempat pemungutan suara), karena kami harus mengawal itu; minimal jangan sampai ada kecurangan," jelas Ganjar.

Baca juga: Ganjar minta TPN bantu atasi hama tikus-kredit macet petani di Blora

Terkait kegiatan kampanye beberapa minggu terakhir yang selalu dilakukan di Jawa Tengah, Ganjar menegaskan dia memang sudah lama tidak berkeliling di wilayah tersebut untuk menyapa masyarakat.

"Kami harus menjaga rumah kita sendiri, bahwa banyak pasangan calon lain yang akan konsentrasi juga di area Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat. Maka, kebetulan saya sudah lama tidak ke Jawa Tengah, oke, saya akan keliling dan menjaga Jawa Tengah bersama," kata mantan gubernur Jawa Tengah itu.

Tidak hanya fokus di Jawa Tengah, Ganjar juga akan berkeliling ke Jawa Timur dan Jawa Barat untuk mendengar aspirasi masyarakat.

Baca juga: TKN pertanyakan kekhawatiran TPN soal bansos

"Dan memang battle ground-nya selalu ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur; dan kami harus jaga. Kami kuatkan dari partai partai pengusung lainnya," ujar Ganjar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar siap lawan kekerasan dan intimidasi ke relawannya

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024