Dalian (ANTARA) - Sebuah kapal kargo bernama "WAN HAI 357" tiba pada Selasa (2/1) di Pelabuhan Dalian di Provinsi Liaoning, China timur laut, yang menandai peluncuran rute kapal kargo reguler menghubungkan pelabuhan tersebut dan pesisir barat Amerika Selatan.

Kapal yang mengangkut 3.000 TEU (twenty-foot-equivalent unit) peti kemas barang, seperti buah pisang dan udang putih, tersebut meninggalkan Pelabuhan Guayaquil di Ekuador pada 8 Desember.

Rute itu menghubungkan Pelabuhan Dalian dengan pelabuhan-pelabuhan di Kolombia dan Ekuador serta pelabuhan besar lainnya di pesisir barat Amerika Selatan.

Perjalanan kapal kargo secara keseluruhan kini hanya memakan waktu 25 hari atau memangkas setidaknya tujuh hari dibandingkan moda transportasi sebelumnya melalui layanan pengiriman transit.

Pemangkasan waktu itu akan mempercepat masuknya barang-barang rantai dingin, seperti produk boga bahari (seafood) dan buah-buahan, dari Amerika Selatan ke pasar China timur laut.

Rute baru itu dioperasikan satu kali dalam sepekan oleh perusahaan Taiwan WAN HAI LINES Ltd., dengan enam kapal kargo berkapasitas 3.000 TEU.

Menurut Li Xiaoguang, manajer umum Dalian Container Terminal Co., Ltd. dari Liaoning Port Group, yang bertanggung jawab atas Pelabuhan Dalian, saat ini terdapat 105 rute kapal kargo dari Pelabuhan Dalian, yang menjangkau 300 lebih pelabuhan di lebih dari 160 negara dan kawasan di seluruh dunia.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024