Saya harus berusaha memulihkan diri dan menjadi kuat secara fisik lagi
Jakarta (ANTARA) - Atlet para bulu tangkis tunggal putra SU5 Indonesia Dheva Anrimusthi mengatakan ingin fokus pada pemulihan kondisi fisik agar bisa tampil prima dan maksimal menjelang Paralimpiade 2024 Paris.

“Tahun ini, pertama-tama saya harus berusaha memulihkan diri dan menjadi kuat secara fisik lagi,” ungkap Dheva, dikutip dari laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Kamis.

Adapun Dheva mengatakan dirinya sempat dirawat di rumah sakit karena demam berdarah. Meski demikian, atlet asal Jawa Barat itu merasa cukup puas dengan penampilannya sepanjang tahun 2023, dimana ia tampil cukup konsisten dan gemilang.

Salah satu sorotan tahun lalu adalah saat ia membawa pulang dua medali emas untuk Indonesia di Asian Para Games 2022 Hangzhou, yang digelar pada Oktober lalu.

Baca juga: Dua emas Asian Para Games pecut semangat Dheva menuju Paris

“Tahun 2023 adalah tahun yang baik bagi saya kecuali beberapa minggu terakhir ketika saya dirawat di rumah sakit karena demam berdarah,” kata Dheva.

Setelah ini, ia akan bersiap untuk mengikuti sejumlah turnamen penting lainnya, termasuk Kejuaraan Dunia Para Bulu Tangkis yang bakal bergulir di Pattaya, Thailand, pada 20-25 Februari.

Bagi Dheva, turnamen-turnamen yang menantinya tahun ini juga ia manfaatkan sebagai pemanasan dan tolok ukur kemampuannya jelang Paralimpiade 2024 Paris.

Baca juga: Dheva Anrimusthi sumbang emas ketiga bulutangkis

“Kejuaraan Dunia (di Thailand pada bulan Februari) akan memberi saya kesempatan untuk menguji kemampuan saya menjelang Paris 2024,” kata Dheva.

Kepercayaan diri itu juga bukan tanpa alasan. Sebelumnya, pada Asian Para Games edisi ketiga di Jakarta (2018) dan edisi keempat di Hangzhou, Dheva telah membawa pulang total lima emas untuk Indonesia. Selain itu, ia juga merupakan peraih medali perak pada Paralimpiade 2020 Tokyo.

“(Turnamen mendatang) Akan (diisi oleh) kelompok (atlet) yang sulit dikalahkan. Dan untuk memenangkan medali emas itu, saya harus melatih tubuh dan pikiran saya agar berada dalam kondisi terbaik, dan lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Profil atlet Paralimpiade: Pernah vakum, Dheva rajai tunggal putra

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024