Saya berharap dengan adanya gudang ini PMI Kaltara dapat terus berkontribusi memberikan pelayanan kepada masyarakat
Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang meresmikan gudang milik Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalimantan Utara yang merupakan bantuan dari Pemerintah Selandia Baru, di Markas PMI Kabupaten Bulungan, Kamis.

“Kita bersyukur juga bahwa gudang ini dari 38 provinsi hanya delapan provinsi yang mendapat bantuan gudang PMI dari Kementerian Luar Negeri New Zealand -Selandia Baru-," kata Zainal.

Dia menjelaskan, gudang tersebut dibangun tepat di belakang kantor PMI Kabupaten Bulungan, sempat mengalami penundaan akibat merebaknya wabah COVID-19.

Kemudian pembangunan gedung itu dilanjutkan pada tahun 2023 dengan total anggaran Rp2,2 miliar, yang bersumber dari bantuan Kementerian Luar Negeri Selandia Baru.

Menurut Zainal keberadaan gudang ini menjadi sangat penting bagi PMI Provinsi Kaltara dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk menyimpan barang-barang dan berbagai bantuan kemanusiaan, seperti obat-obatan, makanan, dan pakaian.

Terdapat beberapa fasilitas gudang untuk menunjang kesiapsiagaan bencana, antara lain menggunakan panel surya atau listrik ramah lingkungan, barang logistik, perahu karet, tenda, genset 40 PK, dan alat pendukung lainnya.

Ia menambahkan, pembangunan gudang ini menjadi sangat penting bagi PMI khususnya Provinsi Kaltara, dan dapat menjadi Posko Pusat Bantuan di setiap kejadian bencana di daerah kepulauan seperti di Kaltara.

“Saya berharap dengan adanya gudang ini PMI Kaltara dapat terus berkontribusi memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga harus menjadi organisasi yang profesional dan berbakti dalam menjalankan tugas dan fungsinya ke depan,” kata gubernur.

Turut hadir pada acara tersebut Sekertaris Provinsi Kaltara Suriansyah, Bidang Organisasi PMI Pusat M. Muas, dan Ketua PMI Provinsi Kaltara Syaiful Herman, serta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan Imam Sujono.

Selain meresmikan, Gubernur Zainal bersama jajaran PMI Kaltara juga melaksanakan penanaman pohon tepat berada di halaman belakang gudang tersebut.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024