Bandarlampung (ANTARA News) - Pemudik bermotor yang hendak kembali ke perantauan mulai ramai di Jalan Lintas Sumatera ruas Kabupaten Lampun Selatan pada H+3 atau tiga hari setelah Lebaran 2013.

Berdasarkan pemantauan di Jalinsum ruas Kalianda-Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu, tampak konvoi pemudik bermotor melintasi jalur itu.

Mereka memilih melakukan perjalanan pada pagi hari dan sampai di Pelabuhan Bakauheni siang hari.

Pemudik motor itu umumnya membawa anak-anak atau barang, serta melaju cukup kencang meski kondisi jalan tidak bagus dan berdebu.

Rombongan pemudik nampak beristirahat di sejumlah titik seperti di stasiun pengisian bahan bakar umum dan warung-warung kecil untuk melepaskan lelah setelah menempuh perjalanan panjang dari kampung halamannya menuju Pelabuhan Bakauheni untuk selanjutnya menuju kota tujuan.

Para pemudik motor mengaku tiba di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni pada Minggu siang dan langsung meneruskan perjalanan panjang menuju berbagai tempat tujuan.

"Saya berangkat dari Bandarlampung pagi sekitar pukul 8.00 WIB dan berharap tiba di Bakauheni pukul 11.00 WIB," kata Mulyana (35).

Ia mengaku akan menuju Kota Tangerang itu melakukan perjalanan hari ini mengingat Senin (11/8) akan kembali beraktivitas bekerja di sebuah perusahaan swasta.

Menurut dia, perjalanannya cukup panjang dan melelahkan. Apalagi pada mudik ini bersama istri dan anak dengan menggunakan sepeda motor untuk merayakan Lebaran di kampung halaman.

Rahmat (27) pemudik motor mengatakan bahwa bersama rombongan menggunakan sepeda motor menuju Depok dari kampung halaman di Kabupaten Pringsewu. "Saya bekerja di Depok dan bersama teman akan menuju kota tujuan," ujarnya.

Ia bersama rombongan berangkat sekitar pukul 6.00 WIB dan diperkirakan tiba pada siang hari di Pelabuhan Bakauheni untuk selanjutnya meneruskan perjalanan ke kota tujuan.

Perjalanan menggunakan sepeda motor lanjutnya cukup melelahkan. Namun demikian dapat menekan ongkos perjalanan mudik dan juga motor dapat digunakan untuk hilir-mudik bersilaturahmi ke tempat sanak famili serta teman-teman di kampung pada lebaran tahun ini.

Selain itu, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi juga makin banyak melintasi jalinsum sejak Sabtu malam hingga Minggu pagi.

Pemudik pengguna kendaraan roda empat juga banyak melintasi Jalinsum. Plat nomor kendaraan pemudik ini umumnya berasal dari Jakarta (B), Banten (A), Bogor (F) atau Bandung (D).

Pemudik motor diperkirakan akan terus melintasi Jalinsum hingga malam ini mengingat mereka merupakan pekerja di sektor fornal yang akan kembali melakukan aktivitas besok hari.

Jumlah penumpang arus balik dari Sumatera ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni sepanjang H+2 Lebaran, Sabtu(10/8) mencapai 64.114 orang, sebagian besar adalah penumpang kendaraan pribadi dan bus antarprovinsi.

Menurut data Posko Lebaran PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni yang diperoleh di Bakauheni pada Minggu pagi, penumpang arus balik itu terdiri atas penumpang kendaraan sebanyak 53.484 orang dan penumpang pejalan kaki sebanyak 10.630 orang.

Sementara jumlah kendaraan yang sudah diseberangkan dari Bakauheni ke Merak sepanjang Sabtu mencapai 13.431 unit yang terdiri atas kendaraan roda empat sebanyak 7.207, motor 5.732 unit, bus 256 dan truk sebanyak 236 unit.

Dengan demikian, hingga Minggu pagi masih terdapat sekitar 500.479 penumpang yang masih belum balik ke Jawa, sementara jumlah kendaraan roda dua sebanyak 51.824 dan roda empat 52.590 unit.

ASDP mencatat bahwa total jumlah penumpang arus mudik dari Merak ke Bakauheni mencapai 564.593 orang, sedang total kendaraan yang diseberangkan mulai H-7 sampai H-1 Lebaran dari Merak ke Bakauheni mencapai 117.845 unit.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013