Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan membersihkan lokasi bekas kebakaran rumah tinggal di Gang Sejahtera III, Jalan Jelambar Utama IV RT 06/08 Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, pada Kamis.

Selain membersihkan lokasi bekas kebakaran, petugas juga melakukan penyembuhan trauma dan pelayanan surat keterangan hilang.

"Aparat bersama warga bergotong-royong membersihkan puing-puing sisa kebakaran, membersihkan lingkungan dan mendirikan tenda-tenda sementara untuk mereka yang kehilangan tempat tinggal," kata Kapolsek Tanjung Duren Kompol Muharram Wibisono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta pada Kamis.

Wibisono mengatakan bahwa pembersihan dan pelayanan tersebut melibatkan unsur Kepolisian, TNI, pihak Kecamatan Grogol Petamburan dan warga setempat.

"Tiga pilar dan juga elemen masyarakat turut serta untuk membantu warga kami yang sedang tertimpa musibah," kata Wibisono.

Baca juga: Kebakaran menghanguskan 12 rumah dan tempat indekos di Jelambar

Petugas juga menyediakan pelayanan untuk kehilangan surat berharga dengan membantu membuatkan surat laporan kehilangan di lokasi.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Barat untuk mengurus surat-surat berharga warga yang hilang akibat kebakaran," kata Wibisono.

Petugas juga memberikan bantuan pelayanan kesehatan fisik dan mental bagi korban kebakaran.

"Selain itu, tim medis juga disiapkan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang mungkin mengalami tekanan psikologis atau masalah kesehatan lainnya akibat musibah ini," kata Wibisono.

Baca juga: BPBD salurkan bantuan kepada korban kebakaran di Jelambar

Ia menekankan pentingnya solidaritas dan gotong-royong sebagai pondasi kuat dalam menghadapi musibah.

"Sebuah contoh nyata bahwa di tengah cobaan, kebersamaan adalah kunci untuk bangkit dan membangun kembali," katanya.

Sebanyak 108 personel dengan 18 unit kendaraan pemadam mengatasi kebakaran Jalan Jelambar Utama IV, Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, pada Rabu (3/1) sekitar pukul 11.05 WIB.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Syarifudin mengatakan bahwa kebakaran tersebut mengakibatkan 15 rumah terbakar dengan total 60 jiwa terkena dampak kebakaran.

"Operasi pemadaman dimulai pukul 11.07 WIB dan selesai pukul 13.12 WIB," kata Syarif saat dikonfirmasi.
Baca juga: 100 orang menerima dampak kebakaran di Taman Sari Jakarta Barat

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024