Arus mudik memang agak renggang, tapi arus balik malah sebaliknya sempit. Jadi saya imbau pelaku industri untuk memperpanjang masa libur Lebarannya.
Bandung (ANTARA News) - Pelaku industri atau perusahaan swasta diimbau untuk memperpanjang masa libur Lebaran tahun 2013 selama satu atau dua hari terkait sempitnya pelaksanaan arus balik Lebaran tahun ini yang diprediksi akan terjadi hingga malam ini.

"Arus mudik memang agak renggang, tapi arus balik malah sebaliknya sempit. Jadi saya imbau pelaku industri untuk memperpanjang masa libur Lebarannya," kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, di Bandung, Minggu.

Ia menuturkan, imbauan untuk memperpanjang libur Lebaran tersebut dilakukan agar arus balik Lebaran tidak terlalu padat atau menimbulkan kemacetan yang hebat.

Menurut dia, pada arus balik Lebaran kali ini pekerja sektor industri atau swasta memang akan repot karena waktu untuk arus balik hanya dua hari Sabtu dan Minggu dan Senin (12/8) sudah masuk kerja.

"Dan hal ini bisa memperlambat masa pulangnya. Arus mudik kemarin lancar karena waktunya memang renggang. Kalau imbauan ini bisa dilakukan maka diprediksi bisa mengurangi kemacetan hebat saat arus balik nanti," katanya.

Dikatakan dia, dari segi kesiapan Pemprov Jabar dan pihak terkait sudah melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Tentunya dengan kesiapan yang sudah dirancang, kita ingin arus mudik lancar pun demikian dengan arus balik tahun ini.

Oleh karena itu, untuk arus mudik dan balik tahun depan maka manajemen lama liburan harus diatur.

"Dengan begitu masyarakat dapat melakukan mudik dan kembali ke tempat kerja tanpa berlama-lama di jalan. Pokoknya kami akan atur agar yang biasa tergesa-gesa itu seperti pegawai formal termasuk pegawai negeri sipil (PNS) bisa kembali tepat waktu," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013