Jakarta (ANTARA) - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan perbaikan jalan daerah ruas Adipala - Ayah - Jladri yang menghubungkan Kabupaten Cilacap dan Kebumen bakal meningkatkan konektivitas sehingga menumbuhkan pariwisata di jalur lintas pantai selatan (pansela) Jawa Tengah.

"Kita tahu di ruas ini terdapat Pantai Ayah Kebumen yang merupakan salah satu destinasi pariwisata lokal. Dalam masa libur tahun baru 2024, ruas ini sangat padat dilalui," kata Basuki saat dikonfirmasi terkait kunjungan kerjanya ke Cilacap, Jawa Tengah, Kamis

Ruas Adipala - Ayah - Jladri sepanjang 44 kilometer (km) merupakan jalur logistik dan bagian dari jaringan jalan Pansela Jawa yang menghubungkan ke lokasi-lokasi pariwisata populer, seperti Pantai Ayah dan Karang Bolong di Kebumen.

Ruas jalan tersebut merupakan salah satu dari sejumlah jalan daerah yang diperbaiki pemerintah pusat sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Menurut Basuki, perbaikan kondisi jalan ruas Adipala - Ayah - Jladri menjadikan konektivitas lancar tidak hanya untuk sektor pariwisata, namun juga sektor logistik di Kabupaten Cilacap dan sekitarnya.

Dia mengungkapkan program perbaikan ruas Adipala - Ayah hingga Jladri adalah peningkatan kondisi aspal, dan juga pelebaran jalan dari semula 5 meter menjadi 7 meter agar memberikan kenyamanan bagi pengendara.

Perbaikan ruas Adipala - Ayah hingga Jladri terbagi dalam 7 paket pekerjaan sepanjang 44 km. Untuk 2 paket meliputi pekerjaan rehabilitasi dan pelebaran serta 2 paket pelebaran berada di Kabupaten Cilacap. Sisanya 3 paket pelebaran ruas Ayah - Jladri berada di Kabupaten Kebumen dan sebagian di Purworejo.

Menteri Basuki mengatakan selain Ruas Adipala - Ayah - Jladri, pekerjaan rehabilitasi dan pelebaran jalan daerah dilakukan Kementerian PUPR pada tahun 2023 dengan total 51 ruas jalan provinsi dan kabupaten/kota sepanjang 282 km untuk Provinsi Jawa Tengah.

Perbaikan jalan daerah oleh pemerintah pusat ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah dengan alokasi anggaran di Jawa Tengah sebesar Rp1,28 triliun.

"Melalui Inpres Jalan Daerah, jalan-jalan daerah yang rusak, terutama jalan penghubung kawasan produksi dan industri, dengan outlet dan pasarnya diperbaiki melalui bantuan dari pusat," kata Basuki.

Pelaksanaan IJD merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kemantapan jalan daerah dan konektivitas yang terpadu dengan sistem jaringan jalan nasional.

Ruas Adipala - Ayah - Jladri yang terkoneksi dengan Jalan Pansela sendiri dapat menjadi alternatif bagi pengguna jalan, di samping Jalan Tol Trans Jawa, Jalan Lintas Pantai Utara (Pantura), dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

Selain kondisi jalan yang sudah bagus, para pengguna jalan yang sedang memanfaatkan libur tahun baru juga dapat menikmati pemandangan yang indah di sepanjang jalur Pansela serta terdapat banyak lokasi pariwisata, salah satunya Pantai Ayah di ruas Ruas Adipala - Ayah - Jladri.

Turut mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Preservasi Wilayah 1 Jalan dan Jembatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Nyoman Suaryana, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DI Yogyakarta Rien Marlia.


 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024