Kunjungan pariwisata meningkat hingga 200 persen. Dari tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024
Tulungagung, Jatim (ANTARA) -
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu mengalami kenaikan hingga 200 persen saat libur Natal dan tahun baru 2024.
 
Kabid Pengembangan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung Yuli Murningsih, Kamis, mengatakan, komparasi itu dibandingkan pada hari libur biasa rata-rata kunjungan sebelumnya di kisaran 10 ribu hingga 15 ribu orang per hari.
 
"Kunjungan pariwisata meningkat hingga 200 persen. Dari tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024, dirinya mencatat ada 187 ribu wisatawan yang berkunjung ke destinasi-destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tulungagung," katanya.
 
Wisata pesisir atau pantai masih menjadi favorit pengunjung.

Baca juga: Wisatawan ikut berebut tumpeng sedekah bumi Pantai Gemah
 
Hal ini terlihat dari statistik kunjungan wisatawan yang lebih banyak berkunjung ke destinasi pantai, terutama di Pantai Genah dan Midodaren yang saat ini sedang hits seiring pembukaan jalur lintas selatan menghubungkan Tulungagung-Trenggalek.
 
Dari catatannya Pantai Gemah dikunjungi setidaknya 48 ribu, dan puncaknya pada 1 Januari 2024 sebanyak 11 ribu wisatawan.
 
Padahal pada hari minggu biasanya pantai ini dikunjungi sekitar lima ribu wisatawan. Posisi kedua ditempati oleh Pantai Midodaren yang terletak tak jauh dari Pantai Gemah.
 
Pantai Midodaren dikunjungi sebanyak 40 ribu wisatawan, dengan puncaknya tanggal 1 Januari 2024 sebanyak 7.200 wisatawan.
 
Pada hari biasa pantai ini dikunjungi sekitar 2 ribu wisatawan.
 
“Masing-masing objek peningkatan sampai 200 – 300 persen dibanding hari Minggu biasa," katanya.
 
Pengunjung destinasi wisata di Tulungagung didominasi oleh warga sekitar Kabupaten Tulungagung, seperti Kediri, Blitar, dan Jombang.
 
Destinasi pantai di Tulungagung terletak di sepanjang jalur lintas selatan (JLS). JLS sudah terhubung antara Kabupaten Tulungagung da Trenggalek.
 
Kedua wilayah ini mempunyai destinasi wisata pantai andalan yang terletak di sepanjang JLS.
 
 
 
 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024