Prabowo Subianto dan Gibran itu berada di urutan pertama untuk perolehan suara kalau pemilu presiden diadakan pada saat survei dilakukan, yaitu di angka 46,7 persen
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Survei Indonesia merilis hasil survei terbaru dan mendapati bahwa pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dari dua pasangan calon lainnya di Jawa Timur.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menjelaskan dalam simulasi surat suara tiga pasangan capres-cawapres, elektabilitas Prabowo-Gibran berada di angka 46,7 persen. Disusul oleh Ganjar Pranowo-Mahfud Md (26,6 persen) dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (16,2 persen), sementara 10,4 persen lainnya tidak tahu atau tidak jawab.

"Prabowo Subianto dan Gibran itu berada di urutan pertama untuk perolehan suara kalau pemilu presiden diadakan pada saat survei dilakukan, yaitu di angka 46,7 persen," kata Djayadi dalam pemaparan survei yang dipantau secara daring dari Jakarta, Jumat.

Sementara itu, dalam simulasi tertutup tiga nama capres, Prabowo berhasil mengungguli Ganjar dan Anies. Elektabilitas Menteri Pertahanan itu berada di angka 46,3 persen, sedangkan Ganjar 25,9 persen, Anies 16 persen, dan 11,8 persen lainnya tidak tahu atau tidak jawab.

Berikutnya, LSI menemukan bahwa nama Prabowo berada di puncak pikiran (top of mind) responden di Jawa Timur dengan angka mencapai 39 persen. Menyusul Ganjar di posisi kedua (22,2 persen) dan Anies di posisi ketiga (14 persen).

Baca juga: Poltracking: Elektabilitas Prabowo di Jatim naik

Baca juga: Indikator: Elektabilitas Ganjar ungguli Prabowo dan Anies di Jatim


"Cukup banyak yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab, yaitu 19,9 persen. Jadi, kalau kita lihat dari top of mind ini, dukungan solid terhadap Prabowo di Jawa Timur ada di angka 39 persen," ucap Djayadi.

Kendati demikian, kemungkinan responden untuk mengubah pilihannya masih besar. Karena itu, Djayadi menyebut Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 berpotensi berlangsung dua putaran di provinsi tersebut.

"Dan kalau terjadi dua putaran, diperkirakan yang masuk ke putaran kedua untuk sementara ini adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud di Jawa Timur," tuturnya.

Survei LSI dilakukan pada 16–28 Desember 2023. Populasi survei adalah seluruh WNI di Jawa Timur yang punya hak pilih dan total sampel secara keseluruhan adalah 8.800 responden.

Terhadap responden terpilih, dilakukan wawancara tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Toleransi kesalahan atau margin of error di kisaran 1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi stratified random sampling.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga: Survei ARCI: Prabowo ungguli Ganjar dan Anies di Jatim

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024