karena adanya relokasi jaringan saluran kabel tegangan tinggi
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merampungkan penanganan Jalan Olimo, Taman Sari, Jakarta Barat yang amblas pada hari ini juga.
 
"Kami akan selesaikan secepatnya pada hari ini juga," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo di Jakarta, Jumat.
 
Heru menyebut jalan yang amblas tersebut karena adanya relokasi jaringan saluran kabel tegangan tinggi (SKTT) 150 kV PLN yang merupakan relokasi jaringan utilitas yang terdampak pembangunan Stasiun MRT Mangga Besar.
 
"Pekerjaan relokasi ini dilakukan oleh PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat. Pekerjaan sudah dimulai sejak Desember 2023 di dua lokasi pembuatan lubang (pit) SKTT," ujar Heru.
 
Selain itu, Heru menyebut PT PLN telah berkoordinasi dengan Dishub DKI Jakarta terkait rekayasa lalu lintas saat pekerjaan berlangsung. Lalu, PT PLN juga sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Bina Marga terkait metode kerja dan pengembalian hasil galian.
 
"Terhadap kegiatan tersebut sudah diingatkan bahwa pekerjaan galian relokasi yang berdampak kepada kerusakan jalan di sekitarnya dan mitigasi penanganan," ucap Heru.
 
Sesuai dengan target yang ditentukan, pekerjaan galian akan selesai pada 14 Januari 2024. Saat ini, pekerjaan sipil dilakukan di pit 2, sedangkan pit 1 sudah selesai sebelum akhir 2023.
 
Lalu pada Kamis (4/1) kemarin, jalan di sekitar pit 2 mengalami amblas sehingga mengakibatkan penyempitan jalan dan membuat kemacetan.

Terkait kondisi tersebut, PLN dan MRT segera melakukan tindak lanjut perbaikan jalan seperti perapian kembali pagar yang terjatuh.
 
Lalu berkoordinasi ke Dinas Perhubungan terkait penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas, penimbunan kembali pada jalan yang berlubang, perbaikan penopang, dan sheet pile (turap) pada lokasi galian pit, dan penimbunan kembali jalan yang amblas menggunakan lembar baja agar dapat dilewati kendaraan.
Baca juga: Gulkarmat Jaksel telusuri anak tenggelam di bekas galian proyek gedung
Baca juga: Satu pekerja proyek bangunan tewas tertimbun galian di Duren Sawit
Baca juga: Dishub DKI rekayasa lalin di Jaksel imbas galian SJUT

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024