Sudah diterima oleh pihak kabupaten/kota
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta berhasil menuntaskan pendistribusian logistik pemilihan umum (Pemilu) 2024 tahap satu ke seluruh wilayah kota dan kabupaten.

"Sudah diterima oleh pihak kabupaten/kota untuk logistik tahap satu termasuk bilik," kata Kepala Divisi Perencanaan dan Logistik KPU DKI Jakarta Nelvia Gustina di Jakarta, Jumat.

Nelvia menuturkan distribusi logistik tahap satu yang meliputi kotak suara, bilik suara, hingga tinta itu sudah selesai sejak 30 Desember 2023.

Sebanyak 123.152 kotak suara sudah tersedia di tempat pemungutan suara (TPS) beserta cadangan di DKI Jakarta.

Adapun rinciannya yakni 35.268 kotak suara di Jakarta Timur, 28.692 kotak suara di Jakarta Barat, 26.880 di Jakarta Selatan, 19.424 di Jakarta Utara, 12.532 di Jakarta Pusat, dan 356 di Kepulauan Seribu

Sedangkan untuk bilik pemungutan suara berjumlah 123.152 buah dan sebanyak 61.532 tinta untuk seluruh wilayah kabupaten/kota yang ada di DKI Jakarta.

Dengan demikian, KPU DKI menjamin kotak suara yang tersedia sudah sesuai prosedur dan siap digunakan untuk pesta demokrasi nanti.

"Tidak ada kendala dalam proses pendistribusian logistik tahap satu," tuturnya.

Nelvia berharap pada pemilu nanti, kebutuhan logistik bisa dipenuhi sesuai konsep 5T, yaitu tepat sasaran, tepat jumlah, tepat kualitas, kemudian tepat waktu. Dengan demikian, tambahnya, pemilu bisa dilaksanakan secara baik agar sukses.

KPU DKI Jakarta saat ini tengah memasuki tahap penyortiran dan pelipatan sebanyak 1,4 juta surat suara DPR dan DPRD DKI yang merupakan bagian dari logistik Pemilu 2024 tahap kedua.

Sebelumnya, Anggota KPU DKI Jakarta Nelvia Gustina menyebut persiapan logistik Pemilu 2024 sudah mencapai 70 persen meliputi bilik, kotak, dan tinta.

"Sejauh ini sudah hampir 70 persen," katanya ketika ditemui awak media di Jakarta, Jumat, setelah konferensi pers terkait penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD dan DPD DKI Jakarta.
Baca juga: DKI kemarin, petugas Dishub terbawa kap mobil hingga surat suara rusak
Baca juga: KPU DKI sortir lipat 1,4 juta surat suara DPR dan DPRD DKI Pemilu 2024
Baca juga: KPU DKI terima 14,9 juta surat suara DPR dan DPRD untuk Pemilu 2024

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024