Perjalanan dari Stasiun Kroya menuju arah Purwokerto, Cirebon, Cikampek, dan Bandung dijadwalkan berangkat dari Stasiun Malang pukul 17.20 WIB.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengubah pola operasi perjalanan Kereta Api Malabar dari Malang tujuan Bandung, imbas kecelakaan antara KA Commuter Line Bandung Raya dengan KA Turangga.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangan yang diterima di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat, mengatakan bahwa perubahan pola operasi perjalanan KA itu dikarenakan adanya proses evakuasi dan normalisasi jalur pascakecelakaan.

"KA Malabar akan mengubah pola operasi perjalanan dari Stasiun Kroya menuju arah Purwokerto, Cirebon, Cikampek, dan Bandung, dan dijadwalkan berangkat dari Stasiun Malang pukul 17.20 WIB," kata Luqman.

Luqman menjelaskan, para calon pengguna Kereta Api Malabar dari Malang menuju Bandung tersebut telah diberikan informasi terkait adanya perubahan pola operasi tersebut melalui aplikasi perpesanan WhatsApp.

Menurutnya, jika para pengguna KA Malabar tersebut tidak berkenan untuk menggunakan jasa kereta api dengan perubahan pola perjalanan itu, dapat melakukan pembatalan bea sebesar 100 persen di luar bea pesan.

"Pengembalian bea tiket (refund) dapat dilakukan di seluruh stasiun keberangkatan KA jarak jauh hingga H+7 dari tanggal keberangkatan yang tertera pada tiket," ujarnya pula.
​​​​​​​
Luqman Arif menerangkan bahwa KAI mendatangkan rangkaian alat berat berupa crane dari Solo dan juga Cirebon serta lokomotif penolong untuk mengevakuasi sarana yang terdampak serta mengerahkan tim prasarana untuk menormalisasi jalur KA.

"KAI menyampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang tidak diinginkan oleh semua pihak tersebut. KAI dengan pihak-pihak terkait terus melakukan upaya evakuasi dan normalisasi jalur agar perjalanan kembali lancar," katanya lagi.

Telah terjadi kecelakaan antara KA Commuter Line Bandung Raya dan KA Turangga di Km 181+700 petak jalan Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka di wilayah Daop 2 Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Berdasarkan data terakhir dari pihak Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat, sebanyak empat orang dilaporkan meninggal dunia, dan 28 orang mengalami luka-luka, akibat kecelakaan yang terjadi kurang lebih pada pukul 06.03 WIB tersebut.
Baca juga: KAI Daop 1 beri kompensasi penumpang akibat kecelakaan KA di Bandung
Baca juga: Jasa Raharja menjamin korban kecelakaan KA di Bandung dapat santunan


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024