Keberadaan posko pengaduan hukum itu bisa membuat masyarakat lebih nyaman jika ingin melaporkan kecurangan dalam pemilu.
Semarang (ANTARA) -
Sejumlah advokat dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah (Jateng) bergabung menjadi Tim Hukum Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (THN AMIN) dan mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 tersebut.
 
Co-Captain Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Sudirman Said mengatakan bahwa terbentuknya tim hukum di provinsi tersebut menjadi bukti bahwa tidak ada tim hukum pasangan calon lain yang serapi THN AMIN.
 
"Secara hukum, kami memperkuat diri berlapis-lapis mulai dari nasional, provinsi, hingga kabupaten/kota," kata Sudirman dalam kegiatan Deklarasi THN AMIN Jateng di Semarang, Jawa Tengah, Jumat.
 
Sebagai salah satu penasihat THN AMIN, dia meminta kepada advokat yang telah bergabung untuk membuat posko pengaduan hukum di wilayahnya masing-masing.

Menurut dia, keberadaan posko pengaduan hukum itu bisa membuat masyarakat lebih nyaman jika ingin melaporkan kecurangan dalam pemilu.
 
"Itu akan membuat masyarakat confident karena mereka didukung orang yang ahli," katanya.
 
Sementara itu, Koordinator THN AMIN Jateng Listyani mengemukakan bahwa bergabung sejumlah advokat ke kubu AMIN itu merupakan bukti bahwa advokat itu memiliki keberanian dan nyali untuk membuat perubahan bagi Indonesia yang lebih baik.
 
Listyani mengatakan bahwa pihaknya bakal membentuk posko pengaduan hukum di seluruh wilayah di Jateng.

Posko itu, kata dia, dibutuhkan karena masyarakat yang kebingungan untuk melaporkan jika menemukan indikasi pelanggaran dalam pemilu.
 
"Dengan perjuangan itu, kami harap bisa mengawal pilpres ini jujur dan adil. Kami ingin melahirkan pemimpin yang bermartabat dan bermoral, dan tidak melanggar konstitusi," kata Listyani.

Baca juga: Anies optimistis dukungan terhadap AMIN makin kuat
Baca juga: Timnas AMIN tak permasalahkan panelis debat capres dari Unhan

 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024