Banjarmasin (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp2 miliar kepada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Direktorat Kebudayaan Kemendikbudristek memberikan dana alokasi khusus untuk mendukung program kebudayaan di Kalimantan Selatan,” kata Kepala UPTD Taman Budaya Disdikbud Kalsel Suharyanti di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Taman Budaya Kalsel berupaya angkat kesenian Damarwulan

Dia menyebutkan berbagai program kebudayaan telah disiapkan untuk tahun anggaran 2024, dan diharapkan semakin meningkat karena mendapat dukungan dana dari Kemendikbudristek.

“Program kerja UPTD Taman Budaya Kalsel sepanjang 2023 berjalan dengan baik dan realisasi semua kegiatan terlaksana hampir 100 persen,” ujarnya.

Suharyanti mengatakan pada 2023, untuk satu cabang kesenian saja ada beberapa kali rangkaian kegiatan, seperti pelatihan, pergelaran atau pertunjukan, perlombaan, dan lain sebagainya.

Ia menuturkan untuk materi program kerja di tahun anggaran 2024 akan ada perbedaan dibanding 2023 dengan berbagai inovasi dan kreativitas dari Taman Budaya Kalsel.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan kebudayaan tidak sepenuhnya berada di dalam gedung, namun juga akan memanfaatkan lingkungan sekitar Taman Budaya.

Baca juga: Taman Budaya Kalsel gelar konser peluncuran 12 lagu Banjar

Baca juga: Taman Budaya Kalsel gelar pameran seni "Semarak topeng 71" dan HUT RI


Menurut dia, kegiatan di luar gedung memiliki banyak dampak, salah satunya agar setiap pertunjukan yang dilihat masyarakat dapat memberikan informasi ke publik bahwa kebudayaan selalu mengalami perkembangan.

“Kami mengupayakan kegiatan di tahun 2024 lebih tepat sasaran lagi agar berdampak positif untuk kemajuan kebudayaan di Kalimantan Selatan,” ujar Suharyanti.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024